PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DI KELAS VII-F SMPN 3 BATU

UTAMI, NURIN (2006) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DI KELAS VII-F SMPN 3 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_DENGAN_STRATEGI_PETA_KONSEP_PADA_POKOK_BAHASAN_BILANGAN_DI_KELAS_VII.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menyusun pengetahuan mereka sendiri adalah model pembelajaran interaktif, yaitu model pembelajaran yang melibatkan interaksi guru dengan murid, murid dengan murid atau murid dengan bahan pembelajaran serta media pembelajaran. Model pembelajaran interaktif disini adalah model pembelajaran yang bertolak pada teori Ausubel tentang belajar bermakna yang meliputi: Advance Organizer, Progressive Differentiation dan Integrative Reconciliation. Disamping model pembelajaran, salah satu aspek agar proses mengajar belajar matematika berlangsung baik, perlu diatur strategi belajar. Strategi belajar yang digunakan adalah peta konsep, yaitu merupakan organisasi konsep pelajaran yang telah dipelajari berdasarkan arti dan hubungan antara komponennya. Maka dalam penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran interaktif dengan strategi peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran interaktif dengan strategi peta konsep pada pokok bahasan bilangan. Hal tersebut meliputi aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan bilangan dan respon siswa terhadap model pembelajaran interaktif dengan strategi peta konsep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang akan dikumpulakn bersifat deskriptif. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data hasil observasi aktivitas siswa dan guru, data hasil tes siswa dan data hasil respon siswa. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMPN 3 Batu. Untuk tekhnik pengumpulan data, peneliti menggunakan tes, observasi dan angket. Dari penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran interaktif dengan strategi peta konsep pada pokok bahasan bilangan di kelas VII-F efektif. Dari keefektifan pembelajaran tersebut diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran aktif sesuai dengan KBM (kegiatan belajar mengajar), kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran sebesar 2,57 yang berada dalam kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara klasikal 71,79% dan respon siswa terhadap model pembelajaran interaktif dengan strategi peta konsep positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 12 Jul 2012 06:32
Last Modified: 12 Jul 2012 06:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item