PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Asuransi yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004)

Ulum, Miftahul (2006) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Asuransi yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_FAKTOR_FUNDAMENTAL_TERHADAP_HARGA_SAHAM.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham (studi pada perusahaan asuransi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ) periode 2001–2004)”. Secara empiris penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh paling dominan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling yaitu dengan kriteria perusahaan asuransi yang secara terus-menerus membagikan dividen periode 2001-2004. Tekhnik analisis data dalam penelititan ini menggunakan tekhnik analisis linier berganda dimana faktor fundamental sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang tercatat di BEJ dengan populasi sebanyak 11 perusahaan dan sampel 6 (enam) perusahaan. Data dalam penelitian ini diambil dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan JSX Statistic Monthly tahun 2001-2004. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS 11 dapat diketahui bahwa secara simultan faktor fundamental berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan secara parsial ROA dan PBV berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 12 Jul 2012 05:13
Last Modified: 12 Jul 2012 05:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item