TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS HUBUNGAN DISTRIBUTOR DENGAN PERUSAHAAN YANG MENJALANKAN USAHANYA MENGGUNAKAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (Studi di PT. Harmoni Dinamik Indonesia Cabang Kota Malang)

IRDAWATI, FANNY (2006) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS HUBUNGAN DISTRIBUTOR DENGAN PERUSAHAAN YANG MENJALANKAN USAHANYA MENGGUNAKAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (Studi di PT. Harmoni Dinamik Indonesia Cabang Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TINJAUAN_YURIDIS_SOSIOLOGIS_HUBUNGAN_DISTRIBUTOR.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan persaingan dunia bisnis di perekonomian Negara Repoblik Indonesia menciptakan berbagai macam sistem pemasaran untuk memasarkan produk dan menyalurkan produk agar sampai pada konsumen akhir, dengan berusaha menekan biaya produksi dan pemasaran seminim mungkin. Salah satunya sistem pemasaran yang sedang marak adalah Sistem Multi Level Marketing. Banyak perusahaan Multi Level Marketeng yang sedang menjamur di Indonesia, sehingga banyak orang yang tertarik untuk terjun dalam bisnis yang hanya menggunakan modal kecil namun dapat memberikan penghasilan yang besar apabila dijalani dengan tekun. Objek studi penelitian ini mengenai sistem perjanjian antara distributor dengan Perusahaan yang bergerak dengan Sistem Multi Level Marketing yaitu PT. Harmoni Dinamik Indonesia Cabang Kota Malang. Upaya apa yang dilakukan oleh perusahaan maupun distributor apabila melakukan wanprestasi. Penulis menggunakan teknik analisa data diskriptif kualitatif serta menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yang dapat diharapkan dapat menjawab persoalan yang penulis angkat dalam penulisan tugas akhir ini. PT. Harmoni Dinamik Indonesia Cabang Kota Malang merupakan perusahaan Multi Level Marketing yang keberadaannya diakui Oleh Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), sekaligus merupakan lembaga pengawas perusahaan penjualan langsung. Di Indonesia belum ada Undang-Undang yang mengatur secara khusus tentang penjualan langsung. Yang dijadikan dasar atau landasan untuk menjalankan perusahaan dengan sistem Multi Level Marketing adalah Kode Etik APLI dan SK. Menperindag No. 73/MPR/Kep/3/2000. Sistem Perjanjian distributor resmi PT. Harmoni Dinamik Indonesia dengan distributornya berupa perjanjian tertulis yang dibuat secara baku oleh perusahaan, yang mana tetap mengacu pada KUH Pdt, dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta teori pendukung kontrak baku. Untuk mengatasi persoalan wanprestasi yang terjadi baik itu dilakukan oleh perusahaan ataupun yang dilakukan oleh distributor dilapangan, telah terdapat upaya penyelesaian untuk mengatasi hal tersebut, namun sikap tegas tidak terlihat dari upaya masing-masing pihak dalam memperjuangkan hak-haknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 13 Jul 2012 01:46
Last Modified: 13 Jul 2012 01:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item