ANALISA PEMANFAATAN DANA KOMPENSASI BBM UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi di Desa Sumberejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun)

INDRANINGSIH, YULIANI (2006) ANALISA PEMANFAATAN DANA KOMPENSASI BBM UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi di Desa Sumberejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_PEMANFAATAN_DANA_KOMPENSASI_BBMUNTUK_PENANGGULANGAN_KEMISKINAN%28Studi_di_Desa_Sumberejo_Kecamatan_Madiun_Kabupaten_Madiun%29.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi di Desa Sumberejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun, dengan judul Analisa Pemanfaatan Dana Kompensasi BBM Untuk Penanggulangan Kemiskinan (Studi di Desa Sumberejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pemanfaatan dan efektivitas pelaksanaan program dana kompensasi BBM. Alat analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif, yaitu memberi gambaran secara sistematis, faktual, valid sesuai dengan fakta-fakta di lapangan dan tabel frekuensi, tabel yang dapat dianalisa kemudian peneliti menggambarkan dan melaporkan suatu obyek atau keadaan sebenarnya dari data yang diperoleh tersebut, secara ilmiah dan dapat diambil suatu kesimpulan. Untuk menghitung nilai persentase menggunakan rumus presentase. Hasil dari analisa bahwa dana kompensasi BBM di desa Sumberejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, untuk makan sehari-hari, untuk biaya sekolah anak, untuk modal usaha, dan untuk membayar utang. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat menggunakan dana kompensasi BBM untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari atau dengan kata lain untuk keperluan sehari-hari (35,1%). Jadi, proses penyaluran dana kompensasi BBM di desa Sumberejo sudah berjalan baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya responden yang menyatakan mengetahui dan mengerti tentang program dana kompensasi BBM. Untuk lebih meningkatkan efektivitas pelaksanaan program dana kompensasi BBM penulis dapat memberikan beberapa saran, yaitu bagi penerima dana kompensasi BBM dan bagi pemerintah sebagai pelaksana program dana kompensasi BBM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:19
Last Modified: 12 Jul 2012 02:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item