PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MARKET SHARE PADA HOTEL NARITA TULUNGAGUNG

INDRA WARDANA, RESTU (2006) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MARKET SHARE PADA HOTEL NARITA TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_STRATEGI_PEMASARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_MARKET_SHARE_PADA_HOTEL_NARITA_TULUNGAGUNG.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan perubahan kondisi lingkungan yang begitu cepat, secara otomatis akan berpengaruh terhadap aktivitas dunia usaha. Kegiatan usaha yang dilakukan pada dasarnya bertujuan untuk mencapai suatu tujuan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang. Keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan terkait erat dengan ketepatan penentuan rencana strategi yang digunakan. Pada kegiatan pemasaran jasa perhotelan yang ditawarkan, manajemen hotel selalu mempunyai tujuan agar dapat tercapai. Dalam usaha meningkatkan penjulan produk jasa sewa kamar, food and baverage, laundry serta meeting room untuk menjaga tetap survival aktifitas hotel. Guna dapat dicapai tujuan tersebut, penting bagi pimpinan hotel untuk tidak sekedar memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan, namun perlu pula untuk memberi perhatian terhadap lingkungan sekitar yang dapat menjadi suatu ancaman atau faktor kelemahan dari perusahaan yang dipimpinnya. Seperti halnya pada hotel Narita Tulungagung, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan, yang antara lain bertujuan untuk memper-tahankan posisi leader hotel bintang satu di Tulungagung. Namun demikian dalam upaya kearah pengembangan kegiatan usahanya, tak lepas dari hambatan- hambatan yang ada pada lingkungan usaha hotel. Alasan dari pemilihan Hotel Narita karena hotel Narita merupakan hotel Tulungagung yang terbesar di Tulungagung dengan market share yang terus meningkat sebesar 34,14% tahun 2002, 34,72% tahun 2003, dan tahun 2004 35.80%. namun keadaan ini bisa sangat membahayakan karena market share hotel Nasional dengan 33,09% tahun 2002, 33,16% tahun 2003, dan tahun 2004 sebesar 34,03% yang selisihnya terpaut sangat kecil dengan Hotel Narita. Jadi kalau tidak diantisipasi hal ini dapat menjadi pesaing yang sangat berbahaya dalam memperebutkan market share. Dengan memanfaatkan faktor lingkungan yang mengandung kekuatan dan kesempatan yang dimiliki hotel serta memperkecil faktor lingkungan yang mengandung kelemahan dan ancaman, maka pihak manajemen sedang memikirkan untuk segera merumuskan suatu rumusan perencanaan strategi yang tepat untuk dapat diterapkan dimasa mendatang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan secara umum melakukan aktivitas pemasaran berupa penjualan jasa kamar, disamping penyediaan makanan dan minuman serta jasa laundry, yang senantiasa berupaya memberi pelayanan terbaik kepada konsumen yang menginap di hotel. Kegiatan yang telah dilakukan hotel Narita secara konprehensif baik, meskipun masih ada kekurangan yang tentunya harus dibenahi melalui perencanaan strategis yang tepat untuk tahun selanjutnya. Perencanaan strategis harus didukung oleh suatu rencana pelaksanaan yang akan mempermudah perusahaan dalam merealisirkan kegiatan untuk tahun selanjutnya sehingga tujuan yang diinginkan Hotel tersebut tercapai. Manajemen strategi perusahaan perlu untuk memadukan atau menyelaraskan antara perusahaan dengan lingkungan. Hasil analisis mengenai lingkungan pada Hotel Narita yang berpengaruh terhadap kekuatan dan kelemahan yang ada pada hotel meliputi bidang pemasaran, operasi, sumber daya manusia, dan cooperate, sedangkan terhadap lingkungan ekstern yang berpengaruh terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Berdasarkan analisis lingkungan EFAS dan IFAS maka dapat diperoleh bahwa Hotel Narita mempunyai kelemahan yang berupa kurangnya sarana transportasi.dan sebaiknya perusahaan lebih memanfaatkan teknologi yang telah dimiliki perusahaan. Sebagai pemimpin pasar Hotel Narita harus mengembangkan pasar secara keseluruhan dan mempertahankan serta memperluas pangsa pasar agar kedudukan sebagai market leader tetap dipegang oleh Hotel Narita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:19
Last Modified: 12 Jul 2012 02:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item