PERBANDINGAN METODE FUZZY INTEGER TRANSPORTATION PROBLEM DENGAN METODE VAM UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA DISTRIBUSI PRODUK (studi kasus di CV. GOENO)

INDRA SETIAWAN, FERRO (2006) PERBANDINGAN METODE FUZZY INTEGER TRANSPORTATION PROBLEM DENGAN METODE VAM UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA DISTRIBUSI PRODUK (studi kasus di CV. GOENO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN_METODE_FUZZY_INTEGER_TRANSPORTATIONPROBLEM_DENGAN_METODE_VAM_UNTUK_MEMINIMALKANBIAYA_DISTRIBUSI_PRODUK.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

CV. GOENO perusahaan tenun yang bergerak di bidang industri textil. Pada tahun 1980 CV.GOENO menjadi perusahaan tenun nasional. Perusahaan ini menyuplai produknya dari dua gudang yaitu Tulungagung dan Ngunut. Karena permintaan produk yang semakin meningkat, maka diperlukan suatu perencanaan terhadap pendistribusian produk. Tujuan dari pendistribusian ini adalah meminimalkan biaya pengiriman produk. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diterapkan metode transportasi untuk menentukan alokasi produk yang tepat dan dapat meminimalkan biaya pengiriman. Permintaan produk untuk periode bulan januari sampai bulan juni 2005 diramalkan dengan Metode Moving Average, Metode Eksponential Smoothing, dan Metode Double Moving Average kemudian dipilih nilai MAPE ≤ 10 %. Selanjutnya hasil peramalan diolah dengan dua metode yaitu Metode Fuzzy Integer Transportation Problem dan Metode VAM. Dari kedua metode transportasi tersebut dibandingkan dan dipilih yang mempunyai jalur distribusi yang optimal dengan biaya distribusi produk yang minimal. Dari hasil pengolahan data dihasilkan dan dipilih Metode Fuzzy Integer Transportation Problem yang mempunyai jalur distribusi yang optimal dengan biaya distribusi yang minimal yaitu sebesar Rp. 4.843.074,- dibanding sebelum penerapan sebesar Rp 5.921.060,- sehingga diperoleh penghematan sebesar Rp 1.077.986.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:05
Last Modified: 12 Jul 2012 02:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item