TINJAUAN TENTANG PEMBAYARAN LETTER OF CREDIT (L/C) DALAM TRANSAKSI JUAL BELI EKSPOR (Studi pada Bank Mandiri di Surabaya)

INDRA POESPO, GOES (2006) TINJAUAN TENTANG PEMBAYARAN LETTER OF CREDIT (L/C) DALAM TRANSAKSI JUAL BELI EKSPOR (Studi pada Bank Mandiri di Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TINJAUAN_TENTANG_PEMBAYARAN_LETTER_OF_CREDIT.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan perniagaan baik impor maupun ekspor pasti berkaitan dengan masalah perdokumenan. Masalah ini berkaitan dengan tata cara pembayaran yang dilakukan oleh importir maupun eksportir. Metode pembayaran yang lebih sering dilakukan adalah dengan menggunakan Letter of Credit (L/C). Letter of Credit (L/C) ini berguna untuk melindungi kepentingan kedua belah pihak (eksportir dan importir) dimana bank ditunjuk sebagai sarana untuk mengurangi risiko kesalahan maupun kerugian yang terjadi akibat transaksi jual beli. Pengertian dari Letter of Credit (L/C) sendiri adalah janji membayar dari bank penerbit kepada penerima yang pembayarannya hanya dapat dilakukan oleh bank penerbit jika penerima menyerahkan kepada bank penerbit dokumen-dokumen yang sesuai dengan persyaratan Letter of Credit (L/C). Prinsip dasar penggunaan Letter of Credit (L/C) adalah Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1982 yang disesuaikan dengan UCP (Uniform Customs and Practice for Documentary Credits). Letter of Credit (L/C) secara umum dibagi dalam beberapa jenis, namun tetap pada satu prinsip sehingga dalam penggunaannya lebih diserahkan kepada eksportir dan importir. Permasalahan yang akan diangkat penulis dalam penulisan skripsi ini adalah mengenai mekanisme pembayaran ekspor dengan menggunakan Letter of Credit (L/C) serta kenyataan yang ada di Bank Mandiri Surabaya. Kenyataan ini menunjukkan adanya kendala yang dihadapi beserta penyelesaian yang diberikan oleh pihak bank serta penyelesaian jika eksportir melakukan wanprestasi. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif yang memusatkan diri pada masa sekarang yang bersifat aktual, dan kemungkinan data yang ada dikumpulkan, disusun, dijelaskan serta dianalisis. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya penulis lebih memusatkan pengambilan data dengan interview (wawancara) dengan pihak yang terkait, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Setelah melakukan penelitian serta menganalisis data yang didapatkan, penulis mengambil kesimpulan bahwa dalam mekanisme transaksi jual beli ekspor dengan menggunakan Letter of Credit (L/C) pada tiap bank yang menyediakan jasa ini pada kenyataannya tidak sama. Hal ini disesuaikan dengan kebijaksanaan yang diterapkan pada masing-masing bank. Walaupun keberadaan Letter of Credit (L/C) lebih aman dibandingkan dengan metode pembayaran ekspor yang lain, akan tetapi masih terdapat kendala yang harus dihadapi baik pembayaran yang dikarenakan kurang lengkapnya dokumen yang dimiliki oleh eksportir. Hal ini juga merupakan salah satu kasus wanprestasi yang terjadi di Bank Mandiri Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 07:33
Last Modified: 11 Jul 2012 07:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item