PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI PRODUK KE DISTRIBUTOR DENGAN MENGGUNAKAN SAVING MATRIKS (STUDI KASUS : PT. SINAR SOSRO JEMBER)

INDRA ARI IRAWAN, PIPIT (2006) PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI PRODUK KE DISTRIBUTOR DENGAN MENGGUNAKAN SAVING MATRIKS (STUDI KASUS : PT. SINAR SOSRO JEMBER). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_JALUR_DISTRIBUSI_PRODUK_KE_DISTRIBUTOR_DENGANMENGGUNAKAN_SAVING_MATRIKS.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pemenuhan permintaan sering mengalami permasalahan dalam ketepatan waktu mendistribusikan produknya ke tiap-tiap distributor, selain mendistribusikan ke distributor dalam setiap kali pengiriman juga mengirimkan ke retail kecil juga sehingga membutuhkan biaya transportasi yang besar. Karena penentuan rute atau jalur distribusi merupakan bagian yang penting untuk proses pengiriman, maka dengan metode Saving Matriks dapat dilakukan penentuan rute/jalur distribusi dari pabrik ke distributor. Dengan kombinasi perhitungan matriks jarak dan jumlah permintaan tiap distributor diperoleh matriks penghematan atau saving matriks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternative jalur distribusi dari pabrik ke distributor wilayah kota jember untuk mengurangi biaya pengiriman. Dengan metode Saving Matriks diperoleh penghematan jarak sebesar 12,7 km dan penghematan biaya sebesar Rp. 105.010,89/minggu. Dengan demikian dalam seminggu terjadi penghematan jarak 12,7% dan penghematan biaya 24,06%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 07:30
Last Modified: 11 Jul 2012 07:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item