ANALISIS EFISIENSI AGRO INDUSTRI TERASI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Puger Kulon Kabupaten Jember)

IKA HANDAYANI, RINI (2006) ANALISIS EFISIENSI AGRO INDUSTRI TERASI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Puger Kulon Kabupaten Jember). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_EFISIENSI_AGRO_INDUSTRI_TERASI_DAN_KONTRIBUSINYA_TERHADAP_PENDAPATAN_KELUARGA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Agroindustri perikanan merupakan salah satu mata rantai penting dalam agribisnis perikanan. Agroindustri pada subsektor perikanan laut merupakan bagian dari suatu agroindustri di pedesaan secara umum, karena subsektor perikanan merupakan bagian dari kegiatan pertanian. Agroindustri perikanan laut merupakan serangkaian kegiatan yang mengolah hasil ikan laut dan hasil tangkapan nelayan di pedesaan pantai. Tujuan dari penelitian adalah ; 1) untuk mengetahui tingkat pendapatan rumah tangga pada agroindustri terasi di desa Puger Kulon, 2) untuk mengetahui efisiensi (R/C) Ratio agroindustri terasi di desa Puger Kulon, 3) untuk mengetahui kontribusi pendapatan rumah tangga agroindustri di desa Puger Kulon. Metode penelitian dengan meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan populasi studi atau juga disebut populasi studi sensus. Adapun metode sampel yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah seluruh pengusaha terasi di desa Puger Kulon pada saat berlangsungnya penelitian adalah sebanyak 43 pengusaha. Analisa data yang digunakan ; 1) untuk pendapatan rumah tangga agroindustri digunakan formulasi Y = TR – TC, dan 2) untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya pada agroindustri terasi digunakan pendekatan analisis (R/C) Ratio, 3) untuk menganalisis kontribusi pendapatan rumah tangga agroindustri dengan membandingkan keuntungan dan pendapatan keluarga kali 100 persen. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa pendapatan rumah tangga agroindustri cukup bervariasi. Pendapatan rumah tangga agroindustri berkisar antara Rp 155.000,- sampai dengan Rp 400.000,- dan rata-rata pendapatan sebesar Rp 251.627,90,-. Kontribusi pendapatan rumah tangga agroindustri terasi yang berkisar antara 36 – 70 %. Hal ini dapat dilihat pada tabel dengan rata-rata kontribusi sebesar 59,81 %. Saran yang dapat diberikan ; 1) teknik pengeringan dengan sistem hibrid agar waktu pengeringan lebih cepat dan tidak hanya tergantung pada sinar matahari, 2) cold storage sederhana untuk menyimpan bahan baku udang rebon pada saat panen raya musim ikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 05:37
Last Modified: 11 Jul 2012 05:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item