AKTIVITAS INTERNAL HUMAS DALAM MEMBINA HUMAN RELATIONS DENGAN KARYAWAN (Studi pada Humas PT PLN (Persero) APJ Gresik)

Husniati, Husniati (2006) AKTIVITAS INTERNAL HUMAS DALAM MEMBINA HUMAN RELATIONS DENGAN KARYAWAN (Studi pada Humas PT PLN (Persero) APJ Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AKTIVITAS_KEHUMASAN_TENTANG_INFORMASI_PENYALURANDANA_KOMPENSASI_BBM.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Public relations (Humas) mempunyai peranan penting dalam urusan manajemen informasi bagi publiknya. Divisi public relations dalam perusahaan dituntut melakukan berbagai aktivitas kehumasan terutama yang berkaitan dengan fungsinya sebagai penyebar informasi bagi public. Humas merupakan wadah titik temu antara pihak manajemen peruahaan dengan karyawannya melalui keterbukaan informasi yang difasilitasi oleh humas, maka akan terjadi hubungan yang harmonis antara pimpinan dengan karyawan, maupun antar sesam karyawan sendiri. Sehingga secara structural/ideal peran yang dimankan oleh humas dalam menjalankan fungsinya sebagai penyebar informasi mempunyai andil yang besar dalam menciptakan stabilitas perusahaan dan kepuasan publiknya. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang aktivitas internal humas dalam membina human relations dengan karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Gresik. Adapun yang menjadi obyek penelitian adalah karyawan bagian humas PLN Gresik. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang digunakan adalah “bagaimana aktivitas internal humas PT PLN APJ Gresik dalam membina human relations dengan karyawan” Tujuan dari penelitian ini adalah “ingin mengetahui dan mendiskripsikan aktivitas internal humas PT PLN APJ Gresik dalam membina human relations dengan karyawan” Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi factual yang melukiskan gejala yang ada khususnya berkaitan dengan aktivitas internal humas dalam membina human relations dengan karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa datanya menggunakan teknik analisis domain-taksonomis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: pertama, berkaitan dengan humas sebagai fungsi protokoler mengindikasikan bahwa humas tidak berperan secara baik. Namun demikian humas tetap bisa berperan lebih karena humas bertanggung jawab untuk mensosialisasikan hasil tersebut, humas sekaligus dapat menampung berbagai masukan dari pihak karyawan dan menyampaikannya pada pihak atasan sebagai bahan masukan dalam menentukan kebijakan perusahaan. Kedua, humas secara substansial lebih berperan sebagai alat kepentingan manajemen daripada sebagai divisi yang menjembatani antara atasan dengan bawahan. Hal ini tercermin dari banyaknya peran-peran humas yang hanya terbatas pada fungsi protokoler dan penyampai informasi semata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas internal humas PT PLN APJ Gresik dalam membina human relations dengan karyawan belum berjalan secara maksimal, artinya aktivitas internal humas hanya sebatas sebagai fungsi protokoler pada sebuah acara yang diadakan dalam perusahaan, juga sebagai media penyampai informasi bagi khalayak, baik internal maupun external perusahaan. Sedangkan tugas dan fungsi humas yang sebenarnya dalam hal aktivitas internal humas masih belum dilkukan sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:19
Last Modified: 11 Jul 2012 04:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item