PENGARUH PENERAPAN PERATURAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK PGRI 03 TLOGOMAS KOTA MALANG

Husnah, Haji (2006) PENGARUH PENERAPAN PERATURAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK PGRI 03 TLOGOMAS KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENERAPAN_PERATURAN_DISIPLIN_SEKOLAHTERHADAP_PERILAKU_SISWA_DI_SMK_PGRI_03_TLOGOMAS_KOTA_MALANG.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan kesadaran diri yang muncul dari batin terdalam untuk mengikuti dan menaati peraturan­-peraturan, nilai­nilai, dan hukum yang berlaku dalam suatu lingkungan tertentu. Disiplin juga merupakan sarana pendidikan. Dalam mendidik, disiplin berperan mempengaruhi, mendorong, mengendalikan, mengubah, membina, dan membentuk perilaku siswa sesuai dengan nilai­-nilai yang ditanamkan. Melihat fenomena diatas penulis tertarik untuk meneliti masalah terkait dengan pengaruh peraturan disiplin sekolah terhadap perilaku siswa di SMK PGRI 03 Tlogomas Kota Malang, karena kunci kemajuan sekolah dan kepercayaan masyarakat pada seekolah adalah bergantung pada disiplin sekolah tersebut. Kunci sukses siswa adalah disiplin diri yang baik. Berdasarkan hal tersebut, maka skripsi ini mencoba untuk mengkaji pengaruh peraturan disiplin sekolah terhadap perilaku siswa dengan mengambil objek penelitian di SMK PGRI 03 Tlogomas Malang yang dirumuskan dalam beberapa masalah yaitu: 1. Bagaimanakah penerapan disiplin di SMK PGRI 03 Tlogomas Malang, 2. Apakah Penerapan disiplin di SMK PGRI 03 Tlogomas Malang berpengaruh terhadap perilaku siswa di SMK PGRI 03 Tlogomas Malang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data interview (wawancara), observasi, angket, dan dokumentasi, dengan menekankan analisisnya pada data­data numerikal (angka) yang diolah dengan menggunakan uji statistik B K χ2 = ∑ ∑ (Oij – Eij)2/Eij i = 1 j = 1 Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa χ2 >χ2tabel , sehingga Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa disiplin yang diterapkan sekolah memberi pengaruh terhadap perilaku siswa. Tetapi berdasarkan harga C = 0.118 dan harga Cmaks = 0.866 tingkat pengaruh tersebut tidak cukup kuat. Karena, yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap perilaku siswa hanyalah keteladan guru yang menjadi contoh bagi siswa­siswanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:19
Last Modified: 11 Jul 2012 04:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item