PERSEPSI PUBLIK INTERNAL TERHADAP TRANSFORMASIORGANISASI TELKOM DARI ASSET BASED ORGANIZATIONMENJADI CUSTOMER CENTRIC ORGANIZATION

Humaidah, Badiatul (2006) PERSEPSI PUBLIK INTERNAL TERHADAP TRANSFORMASIORGANISASI TELKOM DARI ASSET BASED ORGANIZATIONMENJADI CUSTOMER CENTRIC ORGANIZATION. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_PUBLIK_INTERNAL_TERHADAP_TRANSFORMASIORGANISASI_TELKOM_DARI_ASSET_BASED_ORGANIZATIONMENJADI_CUSTOMER_CENTRIC_ORGANIZATION.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Keywords: Publik Internal, Transformasi Organisasi Usaha Telkom mentransformasi organisasinya adalah untuk menunjang transformasi bisnisnya yaitu menjadi perusahaan berbasis pelanggan. Dimana struktur organisasi merupakan rumah bagi strategi yang dibangun. Karena itu desainnya harus disesuaikan dengan strategi tersebut. Upaya ini diwujudkan Telkom dengan mengubah organisasinya dari format asset based organization menjadi customer centric organization. Dengan langkah ini organisasi Telkom bermetamorfose dari organisasi yang berorientasi bisnis menjadi organisasi yang mendasarkan diri pada segmentasi pelanggan. Kondisi lingkungan yang berubah dan perkembangan teknologi juga mendesak Telkom untuk mentransformasi organisasinya. Hal ini sesuai dengan teori organisasi kontingensi yang digunakan dalam penelitian ini bahwa jika lingkungan relatif tidak pasti dan bergolak, tujuan bermacam-macam dan berubah-ubah, teknologi komplek dan dinamis, maka bentuk organisasi harus bersifat adaptive-organic (adaptasi terhadap lingkungan). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bersifat survai, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik pengambilan sampelnya adalah Cluster sampling sebanyak 30 karyawan yang terdiri dari 6 Manajer, 6 Asisten Manajer, 8 Supervisor, 10 Karyawan biasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data dilakukan dengan cara memeriksa data (editing), pemberian kode (coding), dan tabulasi data (tabulating). Kemudian untuk menyederhanakan data menggunakan tabel frekuensi. Sedang untuk mencari hasil akhir digunakan rumus mencari rat-rata (mean). Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa tingkat pengetahuan publik internal terhadap transformasi organisasi Telkom adalah tinggi, dan tanggapan terhadap struktur organisasi yang baru adalah positif, hal ini dapat dilihat dari 30 karyawan sebanyak 14 atau 46,67 % menyatakan sangat setuju dan sisanya sebanyak 16 karyawan atau 53,33 % menyatakan setuju. Hasil penelitian diperoleh data bahwa persepsi publik internal terhadap transformasi organisasi Telkom berada pada titik kontinum 3,98 atau dengan prosentase 79,6%. Jadi, kesimpulannya dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa data tentang persepsi publik internal terhadap transformasi organisasi Telkom berada pada titik kontinum 3,98 atau prosentase 79,6 %. Sehingga dapat diketahui bahwa persepsi publik internal terhadap transformasi oraganisasi Telkom adalah positif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:00
Last Modified: 11 Jul 2012 04:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item