ANALISA SISTEM ANTRIAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH FASILITAS PELAYANAN (SERVER) YANG OPTIMAL PADA BAGIAN TELLER BANK (Study Kasus: Pada Bank Central Asia Cabang Situbondo)

Hilmi Fadila, Denny (2006) ANALISA SISTEM ANTRIAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH FASILITAS PELAYANAN (SERVER) YANG OPTIMAL PADA BAGIAN TELLER BANK (Study Kasus: Pada Bank Central Asia Cabang Situbondo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_SISTEM_ANTRIAN_UNTUK_MENENTUKAN_JUMLAHFASILITAS_PELAYANAN.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Bank Central Asia cabang Situbondo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa karena itu kepuasan nasabah merupakan salah satu faktor penting untuk menarik nasabah. Selama jam sibuk nasabah di BCA cabang Situbondo sering terlalu lama menunggu pada teller (server). Permasalahan ini sering terjadi akibat tidak adanya keseimbangan antara fasilitas pelayanan yang diberikan dengan jumlah kedatangan nasabah. Sehingga menimbulkan antrian yang panjang dengan waktu tunggu yang lama Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisa sistem pelayanan dengan menentukan jumlah fasilitas pelayanan yang optimal. Dengan penerapan metode antrian tersebut, apakah perlu penambahan fasilitas pelayanan untuk mengurangi antrian nasabah atau pengurangan fasilitas pelayanan untuk mengurangi biaya operasi. Data yang diperlukan untuk perhitungan ini adalah data waktu antar kedatangan nasabah, waktu pelayanan nasabah, biaya fasilitas dan data pendapatan nasabah. Dalam memecahkan masalah ini menggunakan pendekatan metode antrian multi channel single phase dengan disiplin pelayanan first come first service dengan bantuan program QM (Quantitative Method). Dari hasil perhitungan tersebut akan digunakan sebagai bentuk usulan yang akan diterapkan di Bank Central Asia cabang Situbondo. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan maka jumlah fasilitas pelayanan yang optimal adalah lima fasilitas pelayanan dengan total biaya Rp. 170.924,255 perjam. Sebelum menerapkan teori antrian total biaya sebesar Rp. 216.506,27 per jam sehingga terjadi penghematan sebesar 45.582,022 per jam. Dengan lima jalur pelayanan maka akan mengurangi total biaya dan antrian nasabah dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 02:48
Last Modified: 11 Jul 2012 02:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item