STRATEGI PEMASARAN TAPE 31 DI KABUPATEN BONDOWOSO

Hermawan, Yusuf (2006) STRATEGI PEMASARAN TAPE 31 DI KABUPATEN BONDOWOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_PEMASARAN_TAPE_31_DI_KABUPATEN_BONDOWOSO.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pertanian mempunyai peranan penting dalam mendukung industri, sektor pertanian menghasilan beberapa komoditi Dalam hal ini komoditi pertanian khususnya ketela pohon adalah merupakan salah satu hasil pertanian Diketahui bahwa Indonesia merupakan penghasil ketela pohon terbesar Dengan keadaan tersebut mendorong kesempatan untuk mengutamakan pendayagunaan ketela pohon sebagai : Pelet, Chip, Tapioka, Tape Strategi pengembangan yang ideal harus mampu menumbuhkan industri dipedesaan, pertumbuhan ekonomi, peningkatan nilai tambah dalam rangka menanggulangi konsentrasi sector informal di kota industri tape Bondowoso adalah makanan khas daerah yang sudah dikenal dimana-mana, disamping harganya yang relative murah dan mudah membawanya sehingga sering dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung key Bondowoso. Kegiatan indutri tape termasuk kelompok agro industri yang dapat memberi peluang bagi para petani Pemasaran tape sampai saat ini hanya skala local saja dan dibeberapa dearah sekitar Kabupaten Bondowoso. Manajemen pemasaran nantinya akan memunculkan bebrbagai strategi-strategi pemasarean untuk mengatasi masalah perusahaan dan mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan memerlukan analisa SWOT (Srengjh, Weakness, Opportunity, Treats). Pada penelitian ini dilakukan di Perusahaan Tape 31 di Kabubaten Bondowos. Data primer didapatkan dari pihak manajemen Perusahaan sedangkan data skunder hanya berupa dokumentasi Perusahaan. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, segmentasi Pasar, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan tape dan mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang ideal berdasarkan analisa SWOT. Metode penentuan Daerah Penelitian dilakuakan di Perusahaan Tape 31, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Perusahaan Tape 31 dipilih sebagai tempat atau obyek penelitian karena merupakan salah satu produsen tape di Kabupaten Bondowoso. Metode Pengambilan Sampel Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisa yang akan diteliti. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi yaitu pihak Perusahaan Tape 31 dan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaukan terhadap manajemen perusahaan Tape 31 diketahui bahwa strategi yang digunakan pada intinya mengacu pada faktor internal dan eksternal perusahaan. Kekuatan yang dimiliki perusahaan tape adalah rasa, aroma, lokasi yang strategis, telah dikenal masyarakat Peluang yang dimiliki perusahaan tape adalah tape adalah produk eksotis khas daerah, budaya lebaran atau hari-hari besar (lebaran, natal), pertumbuhan penduduk, dan pangsa pasar luar daerah. Strategi pemasaran yang ideal setelah dilakukan analisa SWOT yang disesuaikan dengan analisa matrik, faktor strategi internal dan eksternal perusahaan tape adalah strategi SO (Strengths Opportunities) dan strategi WO (Weakness Opportunities).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 11 Jul 2012 02:13
Last Modified: 11 Jul 2012 02:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item