PERAN BADAN PENGAWASAN DAERAH (BAWASDA) KABUPATEN BLITAR DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN NON FISIK DI WILAYAH KABUPATEN BLITAR

WAHYU WIDATI, EKA (2006) PERAN BADAN PENGAWASAN DAERAH (BAWASDA) KABUPATEN BLITAR DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN NON FISIK DI WILAYAH KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERAN_BADAN_PENGAWASAN_DAERAH.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu unsur pendukung pelaksana teknis di tingkat Pemerintahan Daerah, Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) berperan sebagai alat kontrol dalam rangka pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar. Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) merupakan suatu lembaga yang harus berperan aktif dalam menunjang suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah. Oleh karena itu, skripsi ini mendeskripsikan peran lembaga tersebut dalam pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar. Dalam hal ini Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) mempunyai peran melakukan pemeriksaan dan penilaian atas kebenaran laporan pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang sumber datanya berupa data primer dan data sekunder. Data-data tersebut diperoleh melalui interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan populasi dan sampel dari penelitian ini adalah Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) Kabupaten Blitar karena badan ini berfungsi sebagai pengawasan atau alat kontrol pembangunan daerah. Pengawasan pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar, Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) menggunakan 2 (dua) cara untuk melaksanakan pengawasan tersebut. Adapun cara yang dimaksud adalah pemeriksaan dan penilaian laporan. Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) tidak membentuk tim khusus untuk melaksakan pemeriksaan dan penilaian, namun dilakukan oleh tiap-tiap bidang yang ada di Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) sesuai dengan obyek pemeriksaannya. Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) melaksanakan pemeriksaan dan penilaian setiap 3 (tiga) bulan sekali. Dalam upaya meningkatkan pengawasannya sebagai alat kontrol, Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) Kabupaten Blitar mempunyai peran di antaranya melaksanakan pemeriksaan kebenaran laporan yaitu dengan menguji kebenaran laporan dan meninjau kembali kebenaran laporan. Penilaian kebenaran laporan dilakukan dengan mengevaluasi laporan dan pemberian saran penyempurnaan laporan. Pemeriksaan dan penilaian kebenaran laporan ini dilakukan 3 bulan sekali. Peran Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) Kabupaten Blitar dalam pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar termasuk dalam kategori baik atau berhasil, hal ini dikarenakan pencapaian tingkat efisiensi dan tingkat efektifitas yang semakin meningkat. Sedangkan untuk kedepannya Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) Kabupaten Blitar harus dapat lebih meningkatkan pengawasannya sebagai alat kontrol agar pelaksanaan pembangunan non fisik di wilayah Kabupaten Blitar berjalan efektif dan efisien serta dapat mengurangi sedini mungkin terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 07:53
Last Modified: 10 Jul 2012 07:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item