Penentuan Interval Penggantian Komponen Mechanical Seal: (Stationary Face) dan Bearing pada Pompa G-2-01 dengan Analisa Keandalan (Study Kasus di PT Pertamina Persero UP V Balikpapan)

WAHYUNI, AMY (2006) Penentuan Interval Penggantian Komponen Mechanical Seal: (Stationary Face) dan Bearing pada Pompa G-2-01 dengan Analisa Keandalan (Study Kasus di PT Pertamina Persero UP V Balikpapan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Penentuan_Interval_Penggantian_Komponen_Mechanical_Seal.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

PT Pertamina UP V Balikpapan memproduksi BBM maupun yang non BBM dengan berbagai jenis. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bersifat mass production yang berproduksi secara terus menerus.Dimana salah satu alat produksinya yaitu Pompa G-2-01 yang merupakan pompa sentrifugal yang mana berfungsi untuk mengolah fluida untuk mengeluarkan partikel-partikel oil didalamnya. Permasalahannya yang dihadapi adalah bagaimana menentukan interval penjadwalan penggantian terencana sebuah komponen yang optimal sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang ditetapkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan interval penggantian terencana untuk komponen Stationary Face pada Mechanical Seal dan Bearing sebagai salah satu upaya pengantisipasian kerusakan yang lebih fatal pada Pompa G-2-01. Penggantian ini dilakukan dengan mempertimbangkan biaya penggantian yang optimal dengan tingkat keandalan 70 % ( 0.7 ). Model yang dipergunakan untuk penentuan interval penggantian dalam penelitian ini adalah model Age Replacment dengan kriteria minimasi biaya, Dalam metode ini penggantian komponen ini dilakukan dengan menetapkan kembali interval waktu penggantian berikutnya sesuai dengan interval yang telah dilakukan sebelumnya jika terjadi kerusakan. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa interval optimal penggantian komponen Stationary Face adalah interval ke 18 hari dengan biaya penggantian terencana sebesar Rp 55.350,- dan tingkat keandalan 0.772 atau 77.2 % sedangkan komponen Ball Bearing dengan interval 22 hari yang mana biaya penggantian sebesar Rp 32.240,- dan tingkat keandalan 0.764 ( 76.4 % ). Sehingga dalam waktu 12 bulan dapat dilakukan penghematan biaya jika melakukan penggantian komponen terencana pada komponen Stationary Face 87 % atau sekitar Rp 13.441.918.4 sedangkan pada komponen Ball Bearing 25 % atau sekitar Rp 4.042.200.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 07:35
Last Modified: 10 Jul 2012 07:35
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item