ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK, RETRIBUSI, PENERIMAAN LAIN-LAIN DAN PERUSAHAAN DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi di Kota Pasuruan)

WARDHANA, ANDY SETYA (2006) ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK, RETRIBUSI, PENERIMAAN LAIN-LAIN DAN PERUSAHAAN DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi di Kota Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KONTRIBUSI_PAJAK%2C_RETRIBUSI%2C_PENERIMAAN_LAIN-LAIN_DAN_PERUSAHAAN_DAERAH_TERHADAP_PENDAPATAN_ASLI_DAERAH.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kontribusi Pajak, restribusi, Perusahaan daerah, dan penerimaan Lain-lain daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Pemerintahan Kota Pasuruan. Dan untuk mengetahui potensi Pajak dan Restribusi Daerah. Alat analisa yang digunakan adalah alat analisa diskriptif kualitatif, analisa kontribusi, analisa perbandingan, analisa prosentase dan analisa potensi. Hasil penelitian dan pengamatan selama lima tahun yaitu pada tahun 2000 2004 secara diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif sebagai berikut : kontribusi pajak daerah terhadap PAD sebesar 23,74% dengan pertumbuhan sebesar 2,87% dan realisasi atas target sebesar 102,29%. Kontribusi restribusi terhadap PAD sebesar 39,448% dengan pertumbuhan sebesar 26,29% dan realisasi atas target sebesar 117,61%. Kontribusi penerimaan lain-lain terhadap PAD sebesar 36,006% dengan pertumbuhan sebesar 425,77% dan realisasi atas target sebesar 123,88%. Kontribusi perusahaan daerah terhadap PAD sebesar 0,87% dengan pertumbuhan sebesar 47,72% dan realisasi atas target sebesar 81,72%. Penerimaan Dinas-Dinas terhadap PAD sebesar 13,116% dengan pertumbuhan sebesar 28,98% dan realisasi atas target sebesar 98,14%. Dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Asli Daerah Di Pemerintahan Kota Pasuruan mendapat kontribusi yang relatif cukup besar dari komponen PAD yaitu Pajak, Restribusi, Penerimaan Lain-lain dan Perusahaan Daerah. Kontribusi Penerimaan Lain-lain terbesar kedua setelah Restribusi daerah dan ketiga adalah Pajak daerah. Saran saran yang dapat dikembangkan adalah meningkatkan kinerja BUMD khususnya pengelolaan produktifitas PDAM Pemkot Pasuruan. Perlu adanya pembaharuan dalam sistem pembayaran pajak dengan melakukan kerjasama dengan perbankan sehingga administrasi dapat efektif dan efisien. Memberikan sanksi tegas kepada aparat pemunggut khususnya pajak dan restribusi yang melanggar dan memberi pelayanan yang tidak semestinya serta memberi sanksi kepada wajib pajak yang tidak membayar tepat waktu atau melebihi jangka waktu yang ditentukan. Meningkatkan jumlah obyek pajak dengan melakukan pemantauan terhadap potensi daerah yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 06:55
Last Modified: 10 Jul 2012 06:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item