PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN DAN INTERVAL PEMBERIAN URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN STUMP MAHONI ( Swietenia macrophylla King )

WASIS, SULISTYO WIBOWO (2006) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN DAN INTERVAL PEMBERIAN URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN STUMP MAHONI ( Swietenia macrophylla King ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KONSENTRASI_LARUTAN_DANINTERVAL_PEMBERIAN_URINE_SAPI_TERHADAPPERTUMBUHAN_STUMP_MAHONI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval pemberian urine sapi terhadap pertumbuhan stump mahoni. Hipotesis penelitian ini adalah diduga terjadi interaksi antara perbedaan konsentrasi den interval pemberian urine sapi terhadap pertumbuhan stump mahoni dan terjadi adanya pengaruh terhadap kedua perlakuan tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor, dimana faktor I adalah konsentrasi urine sapi yang terdiri dari 4 level, yaitu: F1 : 1 ml urine/150 ml air/polybag, F2 : 1.5 ml urine/150 ml air/polybag , F3 : 2 ml urine/150 ml air/polybag, F4. 2,5 ml urine/150 ml air/polybag. Faktor II adalah interval pemberian urine sapi ( G ) yang terdiri dari 4 level, yaitu: G1 : 2 hari sekali, G2 : 4 hari sekali, G3 : 6 hari sekali, G4 : 8 hari sekali. Dari dua faktor tersebut didapat 16 kombinasi perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 48 unit percobaan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah tunas, tinggi tunas, jumlah daun, jumlah akar, panjang akar. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam untuk mengetahui pengaruh masing-masing perlakuan. Untuk mengetahui perbedaan perlakuan yang terbaik dilakukan menggunakan uji Duncan dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi terjadi pada tinggi tunas, jumlah daun, jumlah akar, dan panjang akar. Untuk peubah jumlah tunas tidak terjadi interaksi terhadap pengaruh konsentrasi urine dan interval pemberiannya. Perlakuan pemberian konsentrasi 2 ml urine/150 ml air/polybag (F3) berpengaruh baik pada pertumbuhan panjang tunas stump mahoni. Perlakuan pada peubah jumlah daun, jumlah akar, panjang akar adalah F2 dengan konsentrasi 1,5 ml urine/150 ml air/polybag pada umur. Perlakuan interval pemberian urine sapi tidak berbeda nyata terhadap semua parameter yang diukur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 05:51
Last Modified: 10 Jul 2012 05:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item