ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PADA BERBAGAI MACAM KEMASAN BREM (Study Kasus pada Industri Kecil Brem Sumber Rasa Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun)

WIBAWA, AZIZ (2006) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PADA BERBAGAI MACAM KEMASAN BREM (Study Kasus pada Industri Kecil Brem Sumber Rasa Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENDAPATAN_DAN_PEMASARAN_PADA_BERBAGAI_MACAM_KEMASAN_BREM.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Setiap produk sesungguhnya merupakan bungkusan atau pengemasan dari sesuatu pelayanan yang dapat memecahkan persoalan. Sehingga penekanan produk yang memotivasi tingkat konsumsi konsumen dapat memberikan manfaat, akhirnya konsumen akan memperoleh keputusan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kemasan akan sangat berpengaruh terhadap desain dan bentuk kemasan yang akan dibuat sekaligus berpengaruh terhadap kemasan produk yang dikemas, misalnya suatu produk yang berupa cairan tidak akan aman atau dapat dikemas dalam kemasan kertas, produk-produk yang tidak tahan terhadap sinar ultra violet tidak akan baik bila dikemas dalam plastik atau kertas transparan. Dari keterangan di atas, maka penelitian ini menitik permasalahan pada: 1) bagaimana pendapatan pada masing-masing kemasan ? 2) berapa pendapatan yang diperoleh industri kecil brem “sumber rasa” ? 3) bagaimana saluran pemasaran produk brem? tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pendapatan pada masing-masing kemasan brem 2) untuk mengetahui pendapatan industri kecil brem “sumber rasa” 3) untuk mengetahui saluran pemasaran. Penelitian dilakukan pada produsen industri kecil brem “Sumber Rasa”, yang terletak di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dengan pertimbangan industri brem “Sumber Rasa” merupakan industri brem yang pemasarannya luas. Dari survey penelitian ini mengambil pemasarannya dari 5 kemasan brem. Metode pengambilan data ini dilakukan setiap kali proses produksi brem selama satu bulan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: 1) data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan produsen serta pengamatan langsung ke lapang 2) data sekunder merupakan data penunjang yang diperoleh dari instansi yang terkait seperti Kantor Balai Desa dan pustaka. Metode analisa data yang digunakan analisa kuantitatif yang meliputi analisis pendapatan, analisis keuntungan dan analisis margin pemasaran. Hasil penelitian dan analisis pendapatan dan pemasaran pada industri kecil brem „Sumber Rasa‟ diperoleh kemasan kecil mempunyai keuntungan Rp. 312,00 kemasan sedang Rp. 520,00 kemasan besar Rp. 624,00 kemasan jumbo Rp. 832,00 kemasan polos Rp. 1.040,00. Pendapatan tiap bulannya Rp. 5.520.000,00 pendapatan hasil penjualan ampas brem Rp. 120.000,00. Pemasaran industri kecil brem Sumber Rasa menggunakan mata rantai saluran distribusi pendek atau saluran distribusi langsung. Saran bagi industri kecil brem “Sumber Rasa”. manajemen yang baik akan memberikan hasil yang maksimal. permintaan dan harga pasar harus selalu diperhatikan, khususnya kemasan yang pesat dalam pasar agar keuntungan yang diperoleh sebanding dengan biaya produksi. pengeluaran kemasan yang baru perlu dilakukan untuk menarik konsumen dan pengenalan jenis- jenis brem „Sumber Rasa‟ yang ada di lokasi pasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 05:44
Last Modified: 10 Jul 2012 05:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item