PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI PUPUK PELENGKAP CREAM (PPC) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum) VARIETAS PHILIPINA

WICAKSONO, GERU (2006) PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI PUPUK PELENGKAP CREAM (PPC) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum) VARIETAS PHILIPINA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_BEBERAPA_KONSENTRASI_PUPUK_PELENGKAP_CREAM_%28.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Bawang merah sebagai komoditi sayuran yang mempunyai nilai ekonomis tinggi sangat menarik sebagai alternative usaha tani. Kebutuhan yang sangat tinggi di pasar local sangat memudahkan pemasaranya. Dengan mudahnya penampungan hasil produksi tentu saja akan menghilangkan kekawatiran tidak tertampungnya hasil produksi. Salah satu pertimbangan dalam melaksanakan usaha adalah kenyamanan atau kepastian pasar. Tujuan: Mendapatkan dosis dan waktu aplikasi yang tepat untuk tanaman bawang merah. Hasil penelitian akan di ajukan sebagai pertimbangan untuk pemakaian di tingkat produsen atau pelaku usaha tani. Penelitian dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kotif Batu. Daerah tersebut ketinggian dari laut 900 meter, suhu udara antara 190-240 C, pH tanah 5,5 - 6,6, curah hujan per tahun 1644 - 2357 mm. Percobaan dilaksanakan pada bulan Mei - Agustus 1997 Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 10 perlakuan konsentrasi pupuk pelengkap cream Nutrikap dan diulang sebanyak tiga kali Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :Perlakuan pupuk pelengkap cream (PPC) Nutrikap berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonikum) varietas Philipina. Pemberian PPC Nutrikap pada konsentrasi 4,5 g/l (K10) terbukti meningkatkan hasil yang lebih dominan pada komponen pengamatan vegetatif, sehingga konsentrasi ini dapat di aplikasikan untuk tujuan panen muda. Konsentrasi 1,5 g/l (K4) dominan dalam meningkatkan komponen hasil, sehingga konsentrasi ini dapat di aplikasikan pada tanaman panen tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 04:51
Last Modified: 10 Jul 2012 04:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item View Item