PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN SAINS di SMP se KOTA BATU pada TAHUN AJARAN 2007-2008

Wicaksono, Sony (2009) PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN SAINS di SMP se KOTA BATU pada TAHUN AJARAN 2007-2008. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_PENILAIAN_BERBASIS_KELAS_DALAM_PEMBELAJARAN_SAINS_di_SMP_se_KOTA_BATU_pada_TAHUN_AJARAN_2007.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya pendidikan adalah dinamis, yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Standarisasi pendidikan sebagai salah satu bentuk usaha perbaikan yang dimaksud, menuntut perbaikan dalam segala aspek kegiatan belajar mengajar. Sistem penilaian kelas sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar pun tidak luput dari usaha perbaikan tersebut, yakni meliputi perbaikan konsep dan teknik penilaian yang lebih efektif untuk dilaksanakan di kelas, yakni penilaian berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas menuntut dilaksanakannya beragam jenis penilaian untuk dapat benar-benar mengukur perkembangan belajar peserta didik. Pada tahun 2005, diketahui bahwa sebagian besar sekolah di kota Batu, baik negeri maupun swasta, secara bertahap mulai menerapkan Penilaian Berbasis Kelas. Namun demikian, penguasaan guru terhadap konsep penilaian, pengalaman dan perbedaan kondisi di masing-masing sekolah memungkinkan adanya perbedaan dalam penerapannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, populasi yang diteliti adalah guru sains SMP se kota Batu. Penelitian berhasil dilakukan pada 17 dari total 23 sekolah negeri dan swasta yang ada di kota Batu dengan responden yang berhasil di ambil datanya sejumlah 24 orang guru. Data di peroleh dengan teknik angket yang bersifat tertutup, diperkuat dengan teknik wawancara terbuka dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan rumus persentase kemudian dianalisa secara kualitatif. Variabel penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penilaian kelas oleh guru. Dilaksanakannya penilaian dan jenis penilaian oleh guru diketahui dengan melihat indikator dilaksanakannya tahapan-tahapan yang seharusnya dilalui dalam melaksanakan penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa seluruh SMP di kota Batu sudah melaksanakan penilaian berbasis kelas untuk penilaian kelas. Secara keseluruhan guru membuat perencanaan untuk penilaian di kelas, namun pelaksanaannya berbeda-beda. 75 % guru menerapkan semua jenis penilaian dalam penilaian berbasis kelas untuk penilaian kelas, 25 % guru belum menerapkan jenis penilaian secara keseluruhan. 13,63 % guru tidak melaksanakan jenis penilaian produk, 22,72 % guru tidak melaksanakan penilaian proyek, 9,09 % guru tidak melaksanakan penilaian sikap, dan 9,09 % guru tidak melaksanakan penilaian diri. Jenis penilaian penilaian yang belum dilaksanakan masih dianggap sulit diterapkan oleh guru dikarenakan guru maupun siswa yang belum siap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 10 Jul 2012 02:41
Last Modified: 10 Jul 2012 02:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item