KADAR PEKTIN, TOTAL GULA DAN KADAR AIR MANISAN KULIT JERUK PAMELO (Citrus maxima) YANG DIPRODUKSI OLEH BEBERAPA HOME INDUSTRIES DI KABUPATEN MAGETAN

WIDYASARI, ERNA (2006) KADAR PEKTIN, TOTAL GULA DAN KADAR AIR MANISAN KULIT JERUK PAMELO (Citrus maxima) YANG DIPRODUKSI OLEH BEBERAPA HOME INDUSTRIES DI KABUPATEN MAGETAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KADAR_PEKTIN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Manisan kulit jeruk yang merupakan hasil pengolahan limbah dari kulit jeruk yang sering terbuang banyak diproduksi di Kabupaten Magetan. Ada sekitar 40 unit usaha yang tersebar di 3 kecamatan. Sayangnya hasil olahan dari banyak home industries di kabupaten ini belum mencantumkan kualitas dari produknya. Padahal di dalam SII 1986 standart kadar gula dan kadar air untuk produk manisan kering buah-buahan adalah minimum 40% dan maksimum 25%. Manisan kulit jeruk ini mengandung pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Dosis minimum pektin untuk mengetahui besarnya penurunana kadar kolesterol adalah 10-20 gram (Aninomous,2000). Sedangkan menurut AAK (1994) di dalam setiap 100 gram kulit jeruk basah bisa dihasilkan 14-18 gram pektin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kadar pectin setelah dibuat manisan kulti jeruk, besar kadar gula dan kadar air dalam manisan kulit Jeruk apakah sesuai dengan SII 1986 atau tidak. Penelitian deskriptif ini dilakukan dari tanggal 14-18 Maret 2006 di Laboratorium Kimia UMM, dengan menggunakan perlakuan 6 merk yaitu Betasuka, Kurmelo, Family, Sary Candy, Karima dan Super Pamelo dengan 3 ulangan masing – masing ± 100 gr. Kualitas yang diteliti yaitu mengenai kadar pectin, kadar gula dan kadar air. Data diolah dengan menghitung rerata kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan histogram. Untuk kadar gula dan kadar air dibandingkan dengan SII.0718-83 tahun 1986. Hasil penelitian menunjukkan kadar pektin yang terkandung dalam manisan kulit jeruk rata – rata sebesar 8,83 gr dan kadar pektin tertinggi yaitu 11,02 gr pada manisan merk Sary Candy, sedang untuk merk Family, Karima dan Super Pamelo kadar gulanya belum memenuhi SII 1986 karena kandungan gulanya masih di bawah 40% dan untuk kadar air hanya manisan dengan merk Family yang belum memenuhi standart yaitu 27,51% yang berarti melebihi standart yang seharusnya yaitu maksimum 25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 Jul 2012 08:53
Last Modified: 09 Jul 2012 08:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item