ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET DI BANDARA JUANDA SURABAYA

WIJANARKO, HENGKI (2006) ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET DI BANDARA JUANDA SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_FAKTOR_SOSIAL_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_TIKET_DI_BANDARA_JUANDA_SURABAYA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada Bandara Juanda Surabaya, dengan obyek penelitian adalah para konsumen yang melakukan pembelian tiket domestik untuk perjalanan mereka dengan judul “ Analisis Pengaruh Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Di Bandara Juanda Surabaya” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor sosial yang meliputi variabel kelompok referensi, keluarga dan peran dan status terhadap keputusan pembelian tiket di Bandara Juanda Surabaya. Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian tiket di Bandara Juanda Surabaya. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan, Sebagai bahan masukan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap program pemasarannya, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Faktor-faktor sosial yang meliputi variabel kelompok referensi, variabel keluarga, variabel peran dan status berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian tiket di Bandara Juanda Surabaya. Berdasarkan hasil koefisien regresi (b) masing-masing faktor sosial dapat diketahui bahwa variabel peran dan status mempunyai pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian tiket di Bandara Juanda Surabaya.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: diharapkan perusahaan selalu berusaha memperhatikan atas faktor sosial dalam rangka untuk meningkatkan penjualan tiket. Langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pelayanan dengan baik kepada pembeli sehingga mereka akan menceritakan atau merekomendasikan kepada teman, tetangga atau kepada keluarga yang lain. Pihak bandara diharapkan selalu memperhatikan peran dan status para konsumen, sehingga dalam memberikan fasilitas maupun pelayanan harus sesuai dengan kondisi pada konsumen dimana mereka merupakan kelompok konsumen yang memiliki kedudukan dan aktivitas yang tinggi dalam masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 Jul 2012 08:02
Last Modified: 09 Jul 2012 08:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item