PENERAPAN ANALISIS BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA PADA KOPERASI KARYAWAN KELUARGA BESAR KERTAS LECES (K4L)(Studi Kasus)

Hasan, Muhammad Nur (2006) PENERAPAN ANALISIS BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA PADA KOPERASI KARYAWAN KELUARGA BESAR KERTAS LECES (K4L)(Studi Kasus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
c.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penerapan Analisis Balanced Scorecard dalam Penilaian Kinerja pada Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) apabila dinilai dengan metode balanced scorecard ditinjau dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada tahun 2003 sampai 2005. Berdasarkan penelitian ini penulis mengambil hipotesis bahwa kinerja Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) periode 2003-2005 adalah sehat. Alat analisis yang yang digunakan untuk mengetahui kinerja Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) yaitu menggunakan metode balanced scorecard dengan empat perspektif, perspektif keuangan (ROI, profit margin on sales, growth rate in sales), perspektif pelanggan (customer retention, number of new customer, number of complain), perspektif proses bisnis internal (idle capacity), perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (employee training, employee productivity, employee turn over) dengan menggunakan pengujian time series. Hasil perhitungan metode balanced scorecard dari keempat perspektif menunjukkan bahwa secara umum kinerja Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) periode 2003-2005 adalah tidak sehat, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa kinerja Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) periode 2003-2005 adalah sehat ditolak. Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) perlu memperhatikan dan mempertimbangkan aspek keuangan, proses bisnis internal, serta aspek karyawannya karena pada periode penelitian aspek-aspek tersebut menunjukkan perkembangan yang kurang baik. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja perusahaan kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 10 Jul 2012 05:30
Last Modified: 10 Jul 2012 05:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item