STUDY PEMASANGAN POWERMAN, FAN PADA SEPEDA MOTOR GL MAX

Haryanto, Haryanto (2006) STUDY PEMASANGAN POWERMAN, FAN PADA SEPEDA MOTOR GL MAX. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDY_PEMASANGAN_POWERMAN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor mau tidak mau berkaitan dengan konsumsi bahan bakar minyak yang berlebih. Hal tersebut paling tidak memunculkan dua ancaman serius yaitu pertama faktor ekonomi berupa ketersediaan bahan bakar minyak yang semakin lama semakin menipis. Ancaman yang kedua adalah factor lingkungan hidup yaitu polusi yang ditimbulkan oleh pembakaran bahan bakar minyak baik secara langsung berupa gas-gas berbahaya seperti CO2, NOx, dan UHC (UnburnHydrocarbon), maupun polusi tidak langsung berupa pemanasan global (Global Warning Potential) akibat meledaknya jumlah CO2. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menambahkan Power Man dan Fan Dimana intake manifold Power Man dan Fan merupakan salah satu alat dimana dapat memberikan efek aliran berpusar pada silinder, sehingga dapat menyempurnakan pembakaran. Dengan ini konsumsi akan semakin sedikit digunakan dan tidak menimbulakn polusi yang membahayakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental nyata (True Experiment Research). Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dan emisi gas buang (CO, O2, CO2) pada motor bensin empat langkah yang menggunakan intake manifold Power Man dan intake manifold Fan. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penggunaan intake manifold Power Man dan intake manifold Fan mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik dan mengurangi emisi gas buang CO yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 09 Jul 2012 07:02
Last Modified: 09 Jul 2012 07:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item