PENENTUAN INTERVAL PENGGANTIAN KOMPONEN MESIN TENUN KAIN KANVAS DENGAN ANALISA KEANDALAN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA (Studi kasus pada CV. Goeno Ngunut-Tulungagung)

Hariyanto Ansori, Agus (2006) PENENTUAN INTERVAL PENGGANTIAN KOMPONEN MESIN TENUN KAIN KANVAS DENGAN ANALISA KEANDALAN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA (Studi kasus pada CV. Goeno Ngunut-Tulungagung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_INTERVAL_PENGGANTIAN_KOMPONEN_MESINTENUN_KAIN_KANVAS_DENGAN_ANALISA_KEANDALAN_UNTUKMEMINIMALKAN_BIAYA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Di dalam aktivitas produksi mesin sering mengalami kerusakan karena waktu yang tidak pasti kerusakannya terjadi sehingga hal itu akan meningkatkan biaya pemeliharaan dan mengurangi nilai keandalannya.. Untuk mengurangi biaya akan dilaksanakan penggantian, sebab penggantian dapat menyebabakan interval penggantian dilakukan secara optimal untuk meminimumkan biaya. CV goeno] adalah perusahaan yang memproduksi perlengkapan TNI/polri serta keperluan masyarakat.. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana cara menentukan penggantian interval waktu yang optimal pada komponen mesin tenun kain kanvas dengan mempertimbangkan tingkatan keandalan komponen, sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Untuk menentukan penggantian interval yang optimal dapat digunakan metode age replacement yaitu statgragph , menentukan Fungsi Padat probabilitas, fungsi keandalan, laju kerusakan mesin, menentukan MTTF, MTTR, Penggantian Interval waktu [komponen optimal, dan Total biaya adalah menggunkan software Mathcad Hasil data penelitian adalah bahwa interval penggantian yang optimal komponen rollerbearing adalah 25 hari dengan tingkat keandalan adalah 0.784 ( 78,4%) dan biaya penggantian adalah Rp 40.700,- sedangkan untuk komponen Jarum adalah 20 hari dengan tingkatan keandalan 0.764( 76.4%) dan biaya penggantian adalah Rp 87.020,- sehingga periode biaya penghematan selama 10 bulan adalah untuk penggantian pada komponen rollerberaing 72,9% atau Rp. 32.990.026,00 sedangkan ] pada komponen Jarum 53,6% atau Rp. 30.172.707,00

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:41
Last Modified: 09 Jul 2012 06:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item