PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN TENUN PELANGI LAWANG (Kajian Teori Motivasi Herzberg)

Hariyanto, Elyas (2006) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN TENUN PELANGI LAWANG (Kajian Teori Motivasi Herzberg). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_MOTIVASI_TERHADAP_PRODUKTIVITAS_KERJA_KARYAWAN_PADA_PERUSAHAAN_TENUN_PELANGI_LAWANG.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan produktivitas kerja karyawan, mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial pengaruh motivasi yang terdiri dari kondisi intrinsik dan kondisi ekstrinsik serta varibel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kasus yaitu penelitan yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu . Data-data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan mengedarkan kuesioner kepada beberapa responden yang terpilih dan data sekunder yang diperoleh peneliti secara tidak langsung yang meliputi: jumlah karyawan, data produksi, pemasaran, penjualan dan jam kerja. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan Alat Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan regresi yang menghasilkan koefisien regresi untuk X1 = 0.233 dan X2 = 0.173 serta hasil t hitung untuk X1 = 9.445 dan X2 = 6.778 lebih besar dari t tabel pada taraf nyata 5 %, sebesar 1.980 dan motivasi intrinsik mempunyai pengaruh yang lebih kuat yaitu sebesar 57 % terhadap produktivitas kerja karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik mampu menjelaskan keragaman Produktivitas kerja karyawan bagian produksi yaitu sebesar 86 %. Berdasarkan kesimpulan di atas saran yang dapat diberikan : mengingat motivasi intrinsik dan ekstrinsik sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan hal ini dapat dijadikan konsep dan acuan bagi perusahaan untuk menciptakan suatu kondisi yang dinamis bagi hubungan karyawan dengan perusahaan dalam mencapai seluruh tujuan yang telah ditetapkan , perusahaan hendaknya senantiasa memberikan dorongan terhadap setiap karyawan agar dapat meningkatkan produktivitasnya dengan tetap menjaga suasana kerja yang kondusif, komunikasi antara rekan sekerja dengan atasan melalui kebijaksanaan – kebijaksanaan yang ada dan perusahaan lebih memperhatikan faktor-faktor pada kondisi intrinsik tersebut untuk dapat tetap mempertahankan produktivitas yang selama ini dicapai serta meperhatikan juga kondisi ekstrinsik sebagai dukungan terhadap kondisi intrinsik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:24
Last Modified: 09 Jul 2012 06:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item