PENERAPAN EFFICIENT FRONTIER UNTUK MEMBENTUK PORTOFOLIO EFISIEN (Studi pada Saham LQ 45 yang membagikan Dividen Periode Januari 2004 sampai dengan Desember 2004)

WIJAYANTI, DEASY (2006) PENERAPAN EFFICIENT FRONTIER UNTUK MEMBENTUK PORTOFOLIO EFISIEN (Studi pada Saham LQ 45 yang membagikan Dividen Periode Januari 2004 sampai dengan Desember 2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_EFFICIENT_FRONTIER_UNTUK_MEMBENTUK_PORTOFOLIO_EFISIEN.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Karakteristik dari penelitian ini adalah membentuk portofolio yang efisien pada beberapa saham yang menjadi anggota LQ 45. berpijak dari pemikiran tersebut maka penulis mengadakan penelitian dengan mengambil judul “ Penerapan Efficient Frontier untuk Membentuk Portofolio Efisien (Studi pada saham LQ 45 yang membagikan Dividen Periode Januari 2004 samapai dengan Desember 2004) Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar tingkat pengembalian dan risiko dengan mengkombinasikan saham-saham LQ 45. Instrumen analisis dalam penelitian ini adalah membuat langkah-langkah dalam pembentukan portofolio yang efisien dengan mengkombinasikan beberapa saham-saham yang menjadi anggota LQ 45 dengan menghitung (1) besarnya tingkat pengembalian untuk setiap sekuritas anggota portofolio (2) menghitung besarnya kovarian antar anggota portofolio (3) menghitung besarnya risiko portofolio dengan menggunakan ukuran deviasi standar (4) menentukan besarnya deviasi standar dengan koefisien korelasi yang berlainan yaitu antara +1, 0, -1 (5) membuat kurva yang menghubungkan antara deviasi standar dengan tingkat pengembalian. Teori yang mendukung dalam penelitian yang bertujuan membentuk portofolio yang efisien ini dikemukakan oleh Harry Markowitz. Besarnya tingkat pengembalian portofolio efisien yang terbentuk dari mengkombinasi saham-saham LQ 45 tersebut ternyata tergolong kecil dibandingkan dengan tingkat risikonya. Tingkat pengembalian portofolio optimal yang terbesar adalah 2,70% dengan Risiko sebesar 3,90%. Dari nilai tersebut mengimplikasikan bahwasanya tingkat pengembalian yang diperoleh dengan membentuk portofolio saham-saham LQ 45 ternyata tidak begitu besar meningkatkan lebih banyak keuntungan daripada tingkat risikonya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 Jul 2012 05:47
Last Modified: 09 Jul 2012 05:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item