PENERAPAN ANALISIS TEKNIKAL SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS TERHADAP SAHAM PERUSAHAAN ROKOK PT. GUDANG GARAM Tbk. DAN PT. H.M. SAMPOERNA Tbk.)

WISMOAJI, PANDU (2006) PENERAPAN ANALISIS TEKNIKAL SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS TERHADAP SAHAM PERUSAHAAN ROKOK PT. GUDANG GARAM Tbk. DAN PT. H.M. SAMPOERNA Tbk.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_ANALISIS_TEKNIKAL_SEBAGAI_ALAT_BANTU_PENGAMBILAN_KEPUTUSAN_INVESTASI.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk. dan PT. HM Sampoerna Tbk dengan judul “Penerapan Analisis Teknikal Sebagai Alat Bantu Pengambilan Keputusan Investasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana optimalnya penerapan analisis teknikal pada PT. Gudang Garam Tbk. dan PT. HM Sampoerna Tbk. dalam memprediksi saham dimasa yang akan datang supaya dalam berinvestasi dapat memperoleh keuntungan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis teknikal dengan metode rata-rata bergerak sebagai alat bantu pengambilan keputusan investasi pada PT. Gudang Garam Tbk. dan PT. HM Sampoerna Tbk. Adapun analisis teknikal dengan metode rata-rata bergerak yang digunakan penulis adalah sebagai berikut : Metode Rata-Rata Bergerak Sederhana, Metode Rata-Rata Bergerak Tertimbang, Metode Rata-Rata Bergerak Eksponen, Metode Rata-Rata Bergerak Berganda. Analisis teknikal menitikberatkan pada penelitian terhadap prilaku harga saham di masa lalu untuk memprediksi harga saham di masa yang akan datang. Analisis ini beranggapan bahwa kejadian di masa lalu akan selalu diulang di masa depan, didasarkan bahwa harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Sedangkan proses analisis terhadap data yang diperoleh dilakukan dengan urutan sebagai berikut: 1.Data yang telah dikumpul oleh penulis dianalisa kemudian dibandingkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan. 2.Data tersebut di masukkan di dalam tabel untuk mempermudah cara perhitungaannya, dan 3.Data-data tersebut di buatkan grafik untuk mengetahui bagaimana pergerakan harga yang terjadi. 4.Hasil Dari analisa yang telah dilakukan kemudian dinterprestasikan dan dievaluasi untuk menilai seberapa optimal penerapan analisis teknikal sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi investor. Dari penelitian yang telah penulis lakukan, penulis dapat mengambil kesimpulaan bahwa hasil analisis dengan menggunakan metode rata-rata bergerak, ternyata reversal harga saham PT Gudang Garam Tbk. dan PT. H.M. Sampoerna Tbk. yang terjadi selama bulan Desember 2004 dalam posisi untuk membeli saham, karena posisi Moving Average diatas Capital Gain yang dalam posisi Bullish.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:05
Last Modified: 09 Jul 2012 04:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item