PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi kasus pada perusahaan otomotif dan komponen lainnya yang tercatat di BEJ)

Hamdi, Ali (2006) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi kasus pada perusahaan otomotif dan komponen lainnya yang tercatat di BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
p.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul”Pengaruh Faktor-Faktor Ekonomi Makro Terhadap Tingkat Pengembalian Saham (studi kasus pada perusahaan otomotif dan komponen lainnya yang listing di BEJ)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor ekonomi makro yang terdiri dari IHSG, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga deposito terhadap tingkat pengembalian saham. Penelitian ini, hipotesis yang digunakan adalah faktor-faktor ekonomi yang berupa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), tingkat inflasi dan tingkat suku bunga deposito mempunyai pengaruh yang signifikan terhdap tingkat pengembalian saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif dan komponen lainnya yang listing di BEJ. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampel, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan criteria tertentu. Kriteria pengambilan sampel yaitu perusahaan yang sahamnya aktif, konsisten dan tidak terdepresiasi yang di perdagangkan di BEJ. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Andhi Chandra Tbk, PT. Good Year Indonesia Tbk, PT. Hexindo Adi Perkasa Tbk, PT. Selamat Sempurna Tbk, PT. Sugi Samapersada Tbk, PT. United Tractors Tbk. Data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan analisa uii akar-akaran unit (unit Root Test). Bahwa variabel suku bunga berpengaruh terhadap inflasi, diperoleh persamaan YSuku bunga deposito=33.942 - 0.333XInflasi, suku bunga deposito berpengaruh terhadap IHSG dengan persamaan YIHSG = 5.456 - 4.523 Xsuku bunga deposito, IHSG berpengaruh terhadap tingkat pengembalian saham dengan persamaan YRi = 187.436 - 0.0246 XIHSG. Berdasarkan hasil analisis uji akar-akar unit variabel bebas yaitu variabel suku bunga deposito yang berpengaruh paling besar terhadap tingkat pengembalian harga saham, dengan nilai koefisien regresi sebesar 452.30% dan nilai t statistik sebesar -3.205. Dari uji asumsi klasik yang telah dilakukan bahwa dalam penelitian ini tidak terdapat autokorelasi yang dibuktikan dengan nilai DW 1.68725, tidak adanya heteroskedastisitas yang dapat dibuktikan dengan diagram pencar residual tidak membentuk pola tertentu dan tidak adanya multikolinearitas dengan dibuktikan dengan nilai R2 adalah tinggi yaitu -3.506, dan 0.692

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 09 Jul 2012 03:18
Last Modified: 09 Jul 2012 03:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item