ANALISA KOMPARASI BIAYA DISTRIBUSI DENGAN MEMBANDINGKAN SISTEM REORDER POINT DAN SISTEM DISTRIBUTION RESOURCE PLANNING (DRP) (STUDI KASUS PADA PT. PAMOLITE ADHESIVE INDONESIA PROBOLINGGO)

WULANDARI, RATNA (2006) ANALISA KOMPARASI BIAYA DISTRIBUSI DENGAN MEMBANDINGKAN SISTEM REORDER POINT DAN SISTEM DISTRIBUTION RESOURCE PLANNING (DRP) (STUDI KASUS PADA PT. PAMOLITE ADHESIVE INDONESIA PROBOLINGGO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_KOMPARASI_BIAYA_DISTRIBUSI_DENGANMEMBANDINGKAN_SISTEM_REORDER_POINT_DANSISTEM_DISTRIBUTION_RESOURCE_PLANNING.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Metode distribusi Reorder Point adalah metode yang mengontrol dan mengawasi jumlah Inventory berdasarkan pada batas Reorder Point. Apabila inventory lebih kecil dari batas reorder point maka perlu melakukan pesanan. Metode Distribution Resource Planning adalah metode yang mengontrol dan mengawasi jumlah inventory berdasarkan pada safety stock. Dimana apabila inventory kurang dari safety stock maka perlu melakukan pesanan sesuai dengan lead time. Setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk selalu memenui permintaan konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat. Untuk itu kelancaran dalam pendistribution produk harus diutamakan sehingga perlu dilakukan suatu Jadwal Induk Distribusi (JID) yang baik sesuai dengan kebutuhan disetiap level jaringan distribusi yang ada. Dalam skripsi ini penulis mencoba membandingkan biaya distribusi yang dikeluarkan dengan metode DRP dan Metode Reorder Point. Dimana sistem pendistribusian pada PT. PAI Probolinggo menggunakan Metode Reorder Point. Ternyata setelah diterapkanya Metode distribusi DRP biaya distribusi lebih kecil dibandingkan dengan Metode Reorder Point. Dengan penerapan DRP mampu menghemat biaya sebesar yaitu sebesar Rp. 1823171.4 atau 14.7386369 % dari biaya sebelum menggunakan Reorder Point.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 07:16
Last Modified: 07 Jul 2012 07:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item