REPRESENTASI PROPAGANDA PERLAWANAN KAUM MUJAHIDIN TERHADAP TENTARA AMERIKA SERIKAT (Sebuah Analisis Semiotik Dalam Film “Iraq Under Attack 1”) )

Wahyu Tricana, Deny (2006) REPRESENTASI PROPAGANDA PERLAWANAN KAUM MUJAHIDIN TERHADAP TENTARA AMERIKA SERIKAT (Sebuah Analisis Semiotik Dalam Film “Iraq Under Attack 1”) ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REPRESENTASI_PROPAGANDA_PERLAWANAN_KAUM_MUJAHIDIN_TERHADAP_TENTARA_AMERIKA_SERIKAT.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Film merupakan salah satu media massa yang memiliki kelebihan daya tarik kemasan isi pesan berupa suara dan gambar. Film dapat menggambarkan atau sebagai potret dari masyarakat dimana film itu dibuat. Film yang diproduksi memilki pesan-pesan di dalam ceritanya yang dikemas sedemikian rupa dengan tujuan yang berbeda-beda. Film “Iraq Under Attack 1” adalah salah satunya. Film ini berisi bentuk-bentuk perlawanan oleh kaum Mujahidin di Irak melawan tentara Amerika Serikat. Film ini berdasarkan fakta dari sebuah invasi oleh pasukan Amerika Serikat dan sekutunya ke negara Irak. Invasi ini bermula dari tuduhan Amerika Serikat terhadap Irak karena diduga memproduksi senjata pemusnah massal. Invasi ini dimulai pada 20 Maret 2003. Bagdad jatuh pada 9 April 2003. Pada 1 Mei 2003 Presiden A.S. George W. Bush mengumumkan akhir operasi perang, meskipun fakta di lapangan tidak berkata demikian. Berangkat dari fenomena yang menarik tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana representasi propaganda perlawanan kaum mujahidin terhadap tentara Amerika Serikat dalam film “Iraq Under Attack 1”. Ruang lingkup penelitian ini adalah film “IRAQ UNDER ATTACK 1” produksi Ar Rahmah Media. Untuk penelitian unit analisisnya adalah beberapa shot yang dianggap sudah bisa mewakili dalam film tersebut, baik dari segi audio (Backsound dan soundtrack), maupun Visual (gambar). Peneliti membatasi dan membuat fokus penelitian ini pada semua tanda yang terdapat dalam film “IRAQ UNDER ATTACK 1”, yang merepresentasikan simbol perlawanan sebagai bentuk propaganda kaum Mujahidin terhadap tentara Amerika Serikat. Data yang terkumpul kemudian dideskripsikan sesuai dengan teori Pierce dan teori semiotik Barthes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, selain itu untuk menunjang hasil analisis data dilakukan studi kepustakaan. Dari keseluruhan hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti dapat menyajikan kesimpulan bahwa representasi propaganda perlawanan kaum mujahidin melawan tentara Amerika Serikat adalah dengan menggunakan simulakrum perang (simulacrum of war) sebagai pembentukan image yang buruk kepada tentara Amerika Serikat. penggunaan citra-citra audiovisual, memanipulasi kesadaran dan mengontrol pikiran publik, dalam rangka menciptakan citra yang buruk tentang pihak-pihak lain. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian, pertama, saran secara praktis kepada para pembuat film diharapkan untuk lebih kreatif dalam memproduksi sebuah film, sehingga tampilan gambar dan ceritanya akan lebih menarik, sehingga penonton atau penikmat film dapat menangkap pesan yang disampaikan, kedua, saran secara akademis agar diperbanyak penelitian tentang analisis semiotik terhadap film yang mengangkat cerita-cerita nyata terutama tentang perang untuk lebih mengetahui makna dibalik pembuatan film tersebu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 05:38
Last Modified: 07 Jul 2012 05:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item View Item