ANALISIS SEGMENTASI BENEFIT SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA DI KOTA PROBOLINGGO

Wahyudi, Triyono (2007) ANALISIS SEGMENTASI BENEFIT SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA DI KOTA PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SEGMENTASI_BENEFIT_SEPEDA_MOTOR_HONDA_KARISMA_DI_KOTA_PROBOLINGGO.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Segmentasi Benefit Sepeda Motor Karisma Di Kota Probolinggo”. Jenis penelitian yang digunakan bersifat survei. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi manfaat yang diinginkan oleh konsumen pada saat membeli sepeda motor Honda Karisma di kota Probolinggo. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor yang berfungsi untuk mereduksi variabel- variabel yang ada menjadi satu atau beberapa faktor dan analisis cluster yang digunakan untuk mengelompokkan responden berdasarkan kesamaan karakteristik dan mempunyai hubungan antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan 16 indikator awal dari 4 faktor awal segmentasi benefit, targeting dan posisioning Honda Karisma di kota Probolinggo yang dijadikan item pertanyaan kuesioner, kemudian dilakukan analisis faktor yang selanjutnya di analisis cluster. Berdasarkan hasil analisis faktor, diperolah nilai KMO sebesar 0,639 yang dapat disimpulkan bahwa analisis faktor untuk penelitian ini dapat dianggap tepat. Pada ekstraksi faktor, terbentuk 5 faktor inti dilihat dari nilai eigen value di atas 1,0. Lima faktor inti antara lain faktor ekonomis, kualitas komparasi, pelayanan dan faktor fasilitas. Hal tersebut dikarenakan 5 faktor itu sudah dapat mewakili sebagian besar dari seluruh indikator yaitu sebesar 68,653%. Berdasarkan hasil rotasi faktor, dapat diketahui bahwa terdapat 11 indikator yang memperlihatkan distribusi variabel yang lebih jelas dan nyata dari 13 faktor sebelum dilakukan rotasi faktor. Hal itu berarti ada 2 indikator yang korelasi variabelnya tidak melewati “cut off point” sebesar 0,55 sehingga terpaksa tidak dimasukkan dalam ke lima faktor tersebut. Berdasarkan hasil rotasi faktor, dapat diketahui bahwa terdapat lima faktor inti yang mewakili sebagian besar 11 indikator tersisa (68,6%) antara lain faktor ekonomis, kualitas komparasi, pelayanan dan faktor fasilitas. Analisis yang digunakan berikutnya adalah analisis Cluster, yang kemudian diketahui Segmentasi benefit Honda Karisma di kota Probolinggo dapat dikelompokkan menjadi tiga cluster atau tiga segmen. Cluster 1 (Abut) beranggotakan 30 responden (30%), Cluster 2 (selektif) beranggotakan 42 responden (42%), Cluster 3 (Apliansi) beranggotakan 28 responden (28%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 05:10
Last Modified: 07 Jul 2012 05:10
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item