EVALUASI KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEARLS PADA KOPERASI KARYAWAN PIJAR PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN PASURUAN

Wahyuni, Anita (2006) EVALUASI KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEARLS PADA KOPERASI KARYAWAN PIJAR PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_KINERJA_KEUANGAN_DENGAN_MENGGUNAKAN_SISTEM_PEARLS_PADA_KOPERASI_KARYAWAN_PIJAR_PT_PLN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang bersifat deskriptif pada Koperasi Karyawan “PIJAR” PT.PLN (Persero) APJ Pasuruan dengan judul “Evaluasi Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Sistem PEARLS pada Koperasi Karyawan Pijar PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pasuruan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja keuangan Koperasi Karyawan Pijar PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pasuruan tumbuh ditinjau dari sistem PEARLS. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan Koperasi Karyawan Pijar PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pasuruan menggunakan alat analisis rasio PEARLS {Protection (Perlindungan), Effective financial structure (Struktur keuangan yang efektif), Asset Quality (mutu aset), Rates of Return and Cost (tingkat pengembalian dan biaya-biaya), Likuidity (Likuiditas), dan Sign of Growth (tanda-tanda dari pertumbuhan)}. Hasil perhitungan rasio-rasio PEARLS menunjukkan bahwa kinerja keuangan koperasi selama tahun 2003 sampai dengan 2004 dapat disimpulkan bahwa 7 dari 11 rasio yang digunakan menyatakan bahwa kinerja yang dihasilkan oleh koperasi selama tahun 2003– 2004 mengalami peningkatan walaupun sisanya yaitu 4 rasio mengalami penurunan atau tidak tumbuh. Dan ini dapat dikatakan bahwa kinerja yang ada dalam koperasi Karyawan Pijar PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pasuruan dari tahun 2003 hingga tahun 2004 mengalami pertumbuhan yang baik. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Koperasi Karyawan Pijar PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pasuruan lebih meningkatkan kinerja keuangannya dengan lebih menekan biaya operasional dan dapat meminimalkan investasinya aktivanya pada aktiva yang tidak produktif sehingga dapat meningkatkan profitabilitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:56
Last Modified: 07 Jul 2012 04:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item