IMPLEMENTASI METODE LOT SIZING WAGNER WITHIN DAN EOQ UNTUK PERENCANAAN BAHAN BAKU DENGAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (STUDI KASUS: PT. PABRIK KERTAS BASUKI RACHMAT BANYUWANGI)

HIDAYATI MURNI, RATNA (2006) IMPLEMENTASI METODE LOT SIZING WAGNER WITHIN DAN EOQ UNTUK PERENCANAAN BAHAN BAKU DENGAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (STUDI KASUS: PT. PABRIK KERTAS BASUKI RACHMAT BANYUWANGI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_METODE_LOT_SIZING_WAGNER_WITHIN_DAN_EOQUNTUK_PERENCANAAN_BAHAN_BAKUDENGAN_MATERIAL_REQUIREMENT_PLANNING.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT. Pabrik Kertas Basuki Rachmat merupakan perusahaan swasta panghasil kertas yang bergerak dalam bidang manufaktur yang bertipe job shop yang memproduksi sesuai dengan order/pesanan. Selama ini dalam menentukan perencanaan pesediaan bahan baku atau bahan kimia yang diperlukan hanya berdasarkan pada perkiraan atau umur produk. Sedangkan permintaan konsumen pada produk yang dihasilkan perusahaan mengalami fluktuasi yakni terkadang besar atau bahkan kecil dari persediaan yang ada, dan persediaan yang ada dalam perusahaan juga terjadi fluktuasi, kadang terlalu banyak menumpuk. Dalam penelitian tugas akhir ini menerapkan suatu metode perencanaan persediaan bahan baku untuk menentukan jumlah dan waktu pemesanan bahan baku dengan teknik lot pemesanan Wagner Within dan EOQ, serta meminimalkan biaya produksi. Hasil perencanaan pemesanan bahan baku dengan metode usulan yakni : Wagner Within dan EOQ yang menggunakan bantuan QS (Quantitative System) akan dibandingkan dengan perencanaan pemesanan bahan baku sebelum menggunakan metode usulan. Dari hasil pengolahan data diperoleh Total Produksi sebelum analisa sebesar Rp 2.717.635.805,- dan Total Produksi setelah analisa sebesar Rp 247.143.565,-. Penghematan biaya produksi yang diperoleh sebesar Rp 2.470.492.240,- atau sebesar 91 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:25
Last Modified: 07 Jul 2012 04:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item