PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP GAYA BARU GEDANGAN KABUPATEN MALANG

WIJIATI, SEMI (2009) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP GAYA BARU GEDANGAN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENGGUNAAN_LEMBAR_KERJA_SISWATERHADAP_PRESTASI__BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_SMP_GAYA_BARU_GEDANGAN_KABUPATEN_MALANG.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran matematika, (2) untuk mengetahui metode mana yang lebih baik digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Gaya Baru Gedangan Kabupaten Malang, dan sampelnya diambil dari semua anggota populasi yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A dan VII B. Penelitian ini dimulai tanggal 24 Maret sampai dengan 10 April 2008. pengambilan data diperoleh dengan mengadakan tes/uji kompetensi dari masing-masing kelas, yaitu kelas VII A (kelas kontrol) dan kelas VII B (kelas eksperimen). Statistik yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Pengujian hipotesisnya adalah jika │t hitung│ ≤ t tabel maka Ho diterima, dan jika │t hitung│ > t tabel maka Ho ditolak. Setelah data penelitian diperoleh, t hitung = -4,4. Dengan taraf signifikansi 5% dan derajat bebas 74 diperoleh t tabel = 2,07. Karena │t hitung│ = │4,4│= 4,4, maka │t hitung│ > t tabel, sehingga hipotesis nol ditolak. Berarti dapat disimpulkan sebagai berikut : “Ada pengaruh yang signifikan dengan taraf signifikansi 5% dalam prestasi belajar matematika antara sekelompok siswa yang diajar menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan sekelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa, artinya sekelompok siswa yang diajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa mempunyai prestasi yang lebih baik dari pada sekelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa” Lembar Kerja Siswa dapat menuntun siswa supaya lebih fokus dalam mempelajari setiaptopik atau materi pelajaran. Dengan lembar kerja, siswa diberi kesempatan untuk mempelajari setiap topik melalui membaca, melakukan kegiatan, berdiskusi atau bertanya pada guru. Dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa, prestasi belajar siswa lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:13
Last Modified: 07 Jul 2012 04:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item