HUBUNGAN OPTIMALISASI KAS DENGAN LIKUIDASI DAN RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN TEPUNG TAPIOKA PT. SUMBER REJO KANDANGAN KEDIRI

Wahyuningsih, Endah (2006) HUBUNGAN OPTIMALISASI KAS DENGAN LIKUIDASI DAN RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN TEPUNG TAPIOKA PT. SUMBER REJO KANDANGAN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_OPTIMALISASI_KAS_DENGAN_LIKUIDASI_DANRENTABILITAS_PADA_PERUSAHAAN_TEPUNG_TAPIOKAPT.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Tepung Tapioka PT. Sumber Rejo Kandangan Kediri yang berjudul “ Hubungan Optimalisasi Kas Dengan Likuiditas dan Rentabilitas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saldo kas perusahaan PT. Sumber Rejo Kandangan Kediri sudah menunjukkan tingkat optimal atau belum. Dan untuk mengetahui hubungan kas optimal dengan likuiditas dan rentabilitas perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan kas optimal dengan menggunakan Metode Miller and Orr. Sedangkan untuk menilai tingkat likuiditas dengan menggunakan Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio. Dan untuk menilai rentabilitas perusahaan menggunakan Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri. Hasil perhitungan Current ratio menunjukkan tingkat likuiditas yang rendah karena rationya berada dibawah standart ratio perusahaan (200 %). Quick ratio belum mencapai standart ratio perusahaan normal (100 %), pada tahun 1999 – 2003 rationya mengalami peningkatan. Cash ratio pada tahun 1999 –2003 berada diatas standart dan juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Rentabilitas ekonomi tahun 1999 – 2003 mengalami penurunan dan kenaikan yang tidak beraturan. Demikian juga dengan Rentabilitas Modal Sendiri. Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa perusahaan belum menentukan jumlah kas optimal yang harus dipertahankan oleh perusahaan. Berdasarkan kesimpulan diatas sebaiknya perusahaan tidak menganggarkan jumlah kas yang terlalu kecil ataupun terlalu besar, tetapi memaksimumkan pemanfaatan kas tanpa mengabaikan saldo kas. Sehingga kegiatan operasional dalam perusahaan dapat terus berjalan. Selain itu apabila terdapat kelebihan kas dalam perusahaan sebaiknya ditanamkan dalam bentuk investasi pada surat berharga, karena perusahaan akan mendapatkan bunga yang pada akhirnya akan menambah laba perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:11
Last Modified: 07 Jul 2012 04:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item