FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MERK PEPSODENT (STUDI DI KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG)

HIDAYAT PURWANTO, HERI (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MERK PEPSODENT (STUDI DI KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
FAKTOR.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang dengan judul “Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pasta Gigi Merk Pepsodent (Studi di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor –faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi merk Pepsodent di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang dan untuk mengetahui faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi merk Pepsodent di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan, diharapkan dapat sebagai informasi tambahan dalam rangka peningkatan jumlah penjualan berdasarkan analisis perilaku para konsumen khususnya mengenai kepuasan konsumen. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat analisis faktor, adalah sekelompok prosedur yang digunakan untuk mereduksi data, meringkas dari banyak kedalam satu atau beberapa faktor. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dihasilkan 9 faktor inti yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi merk Pepsodent di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Kesembilan faktor tersebut meliputi faktor produk generik, produk inti, harga, iklan media cetak, produk potensial, produk harapan, pesan iklan menarik, saluran distribusi dan produk pelengkap. Faktor produk generik merupakan faktor yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi merk Pepsodent di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Saran yang dapat diajukan yaitu diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas produk generik yang diberikan kepada konsumen, hal tersebut dikarenakan faktor tersebut merupakan faktor yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian produk, yang mana terdiri dari dapat mencegah karang gigi, perlindungan gigi 12 jam, ukuran bervariasi, mudah didapat dan mencegah gusi berdarah Langkah nyata yang dapat dilakukan dengan bisa menciptakan produk yang benar-benar memberikan kepuasan konsumen secara maksimal yaitu menyediakan produk sampai ke pelosok daerah sehingga produk mudah didapat dan menawarkan dengan berbagai ukuran sesuai dengan selera konsumen.Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan jaminan kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Hal ini dapat memberikan image yang positif kepada konsumen terhadap produk, sehingga mereka yakin bahwa pasta gigi merk Pepsodent mempunyai kualitas yang benar-benar terjamin. Bagi kalangan akademisi yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain, penambahan jumlah sampel yang diambil atau menggunakan alat analisis yang berbeda sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:10
Last Modified: 07 Jul 2012 04:10
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item