PENERAPAN METODE PEKERJAAN SOSIAL DALAM PROSES REHABILITASI KORBAN NARKOTIKA (Study di Panti Sosial Pamardi Putra/PSPP “TERATAI” Surabaya)

Wahyuningsih, Titin (2006) PENERAPAN METODE PEKERJAAN SOSIAL DALAM PROSES REHABILITASI KORBAN NARKOTIKA (Study di Panti Sosial Pamardi Putra/PSPP “TERATAI” Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_METODE_PEKERJAAN_SOSIAL_DALAM_PROSES_REHABILITASI_KORBAN_NARKOTIKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pekerja social merupakan tenaga professional yang bertugas memberikan pelayanan kepada mereka yang mengalami disfungsi social baik dalam bentuk bimbingan social perorangan, bimbingan social kelompok dan bimbingan social kemasyarakatan. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Panti Sosial Pamardi Putra “TERATAI” Surabaya dengan judul “Penerapan Metode Pekerjaan Sosial dalam Proses Rehabilitasi Korban Narkotika”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pekerjaan sosial dalam proses rehabilitasi korban narkotika di Panti Sosial Pamardi Putra “TERATAI” Surabaya yang meliputi bimbingan sosial perorangan, bimbingan sosial kelompok dan bimbingan sosial kemasyarakatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan atau melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. . Sumber data diperoleh dari observasi proses kegiatan bimbingan sosial yang ada di panti meliputi kegiatan bimbingan sosial perorangan yang diterapkan melalui kegiatan konsultasi dan curhat antara pekerja sosial dengan klien, bimbingan sosial kelompok diterapkan melalui kegiatan morning meeting dan terapi kelompok. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang sifatnya hanya memberikan gambaran atau paparan data tanpa upaya untuk mencari hubungan penagaruh ataupun perbedaan dua variabel atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panti Sosial Pamardi Putra “TERATAI” Surabaya menerapkan semua metode bimbingan sosial antara lain bimbingan sosial perorangan dan bimbingan sosial kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 04:00
Last Modified: 07 Jul 2012 04:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item