ANALISIS ARAH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DAN PEMASARAN CV. PJ TANI INDONESIA

HERRY A., DANANG (2006) ANALISIS ARAH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DAN PEMASARAN CV. PJ TANI INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_ARAH_STRATEGI__PENGEMBANGAN_PRODUK_DAN_PEMASARAN_CV.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang cepat dan pesat serta keadaan perekonomian yang sedang mengalami krisis global, hal ini memacu pelaku dunia usaha untuk mengikuti perkembangan yang terjadi. Persaingan terus meningkat karena setiap perusahaan berusaha untuk terus meningkatkan kualitas, kuantitas dan manfaat produknya. Keberadaan sebuah produk seringkali mengalami siklus hidup produk (Product Life Cycle) sebagaimana siklus hidup makhluk biologis. Oleh karena itu, suatu perusahaan dihadapkan pada suatu strategi pemasaran yang tepat guna mempertahanakan pangsa pasar produknya. Selain itu, teknik BCG (Boston Consulting Group) merupakan analisis pemasaran yang digunakan untuk mengetahui strategi pemasaran menurut matrik pertumbuhan pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengidentifikasi tahap siklus hidup produk benih di CV. PJ Tani Indonesia. 2). Untuk mengetahui strategi pengembangan produk yang sesuai dengan siklus hidup produk (PLC) oleh CV. PJ Tani Indonesia. 3). Untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi pangsa pasar dan pertumbuhan penjualan oleh CV. PJ Tani Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan meliputi penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu CV. PJ Tani Indonesia di Kediri. Data yang diambil adalah data sekunder yang meliputi data volume penjualan, nilai penjualan, serta keuntungan penjualan tahun 2001-2005, dan data primer dengan menggunakan metode wawancara dengan pihak perusahaan. Analisis strategi pemasaran dengan menggunakan analisa PLC dan BCG. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 11.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan tahap PLC benih varietas Memberamo berada pada tahap kedewasaan (maturity) dan posisi BCG pada Kuadran I (Star) dengan tingkat pangsa pasar 1,075 serta pertumbuhan penjualan 23,64%. Perencanaan strategi pemasaran yang sesuai adalah Hold, disini perusahaan berusaha mempertahankan posisi persaingan produk baik dari sisi tingkat pertumbuhan penjualan dan tingkat penguasaan pasar. Tahap PLC benih Ciherang berada pada tahap penurunan (decline) dan posisi BCG pada Kuadran IV (Dogs) dengan tingkat pangsa pasar 0,841 serta pertumbuhan penjualan 2,59%. Perencanaan strategi pemasaran yang sesuai adalah Divest, perusahaan harus mulai menekan anggaran pemasaran. Keputusan untuk menghapus atau meniadakan produk agar sumber dayanya lebih baik digunakan di tempat lain atau menggantinya dengan produk yang benar-benar baru. Tahap PLC benih IR64 berada pada tahap cenderung menurun (decline) dan posisi BCG pada Kuadran I (Star) dengan tingkat pangsa pasar 1,096 serta pertumbuhan penjualan 18,962% pada lima semester terakhir. Perencanaan strategi pemasaran yang sesuai adalah Hold dimana perusahaan mulai mempertimbangkan strategi pasar, produk, dan bauran pemasaran sebagai upaya mempertahankan posisi produk baik dari sisi tingkat pertumbuhan penjualan maupun tingkat penguasaan pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 03:44
Last Modified: 07 Jul 2012 03:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item