PENERAPAN MODEL CAPM UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi Pada Saham Perusahaan Farmasi Yang Tercatat Di BEJ Periode 2002-2004)

HERMAWAN, HERMAWAN (2006) PENERAPAN MODEL CAPM UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi Pada Saham Perusahaan Farmasi Yang Tercatat Di BEJ Periode 2002-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_CAPM_UNTUK_MENENTUKAN_TINGKAT_PENGEMBALIAN_SAHAM.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan judul ”Penerapan Model CAPM Untuk Menentukan Tingkat Pengembalian Saham (Studi Pada Saham Perusahaan Farmasi yang tercatat di BEJ Periode 2002 – 2004). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan secara empiris tingkat pengembalian yang diharapkan dan risiko dalam menentukan keputusan investasi saham dan untuk menentukan saham perusahaan apa yang memberikan tingkat pengembalian optimal. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sepuluh perusahaan yang aktif melakukan perdagangan selama periode penelitian yaitu periode tahun 2002-2004. Berdasarkan hasil perhitungan mengunakan model CAPM diperoleh hasil bahwa PT. DVLA, PT. INAF, PT. KAEF, PT. MERK, PT. PYFA, PT. SCPI, PT. SQBB DAN PT. TSPC mempunyai beta kurang dari 1 yang berarti bahwa perusahaan tersebut memiliki risiko dibawah rata-rata pasar. Sedangkan PT. DNKS dan PT. KLB memiliki beta lebih besar dari 1 yang berarti bahwa perusahaan tersebut memiliki risiko yang lebih besar dari risiko rata-rata pasar. Berdasarkan hasil perhitungan model CAPM dapat disimpulkan bahwa sebaiknya investor memilih investasi pada saham PT. Schering Plough Indonesia Tbk karena saham ini memiliki tingkat pengembalian diharapkan paling tinggi yaitu sebesar 1,7045 dengan risiko sebesar -0,4332.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 02:58
Last Modified: 07 Jul 2012 02:58
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item