PERANCANGAN MESIN PENCACAH KAYU (CHIPPER MACHINE) SISA POTONGAN SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN PARTIKEL BOARD DENGAN KAPASITAS 4,5 m3/jam

HERDIANSYAH, PUTRA (2006) PERANCANGAN MESIN PENCACAH KAYU (CHIPPER MACHINE) SISA POTONGAN SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN PARTIKEL BOARD DENGAN KAPASITAS 4,5 m3/jam. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN_MESIN_PENCACAH_KAYU.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan perabot rumah tangga yang menggunakan bahan baku kayu, maka dibutuhkan suatu teknologi tepat guna untuk membantu dalam proses pembuatan komponen perabot rumah tangga diantaranya partikel board atau har board, dimana pembuatan partikel board ini nantinya akan melalui berbagai fase diantaranya yaitu proses pembuatan chipwood sebagai awal mula pembuatan partikelboard. Dimana bahan baku pembuatan chipwood ini memanfaatkan kayu-kayu sisa hasil pemotongan yang sudah terbuang. Dalam proses pemotongannya kayu dipotong sedemikian rupa sehingga menjadi potongan kecil-kecil. Untuk menjadikan potongan kecil-kecil ini kayu yang semula berbentuk gelondongan atau kayu-kayu yang berdiameter kecil-kecil ini dicacah dan dijadikan bentuk chipwood, maka dibutuhkan suatu mesin yang mampu memotong/mencacah kayu menjadi chip yaitu disebut juga Chipper Machine. Dalam perancangan ini, data kayu yang akan dipotong menjadi chipwood sudah kita tentukan diameternya yaitu 100 mm dan tebal pemotongan 5 mm. Mesin pencacah kayu disini memanfaatkan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya dengan hasil reduksi putaran 480 rpm untuk putaran disk dengan 4 pisau potongnya, sehingga kapasitas yang dihasilkan yaitu 4,5 m3/jam. Dari hasil rancangan itu sendiri diperoleh daya pemotongan yang dibutuhkan oleh kayu tersebut sebesar 24,05 kW, sedangkan daya motor yang tersedia dipasaran yang harus disediakan untuk memenuhi daya pemotongan kayu tersebut adalah sebesar 30 kWdengan putaran motor 1500 rpm Tipe 4 kutub/tiga fase, dan dari hasil perhitungan dapat diperoleh dimensi komponen mesinnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 02:43
Last Modified: 07 Jul 2012 02:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item View Item