PENGARUH KONSENTRASI TETES TEBU SEBAGAI PENYUSUN BOKASHI TERHADAP KEBERHASILAN PERTUMBUHAN SEMAI JATI (Tectona grandis Linn f) BERASAL DARI APB DAN JPP

HENDRA, CAHYONO (2006) PENGARUH KONSENTRASI TETES TEBU SEBAGAI PENYUSUN BOKASHI TERHADAP KEBERHASILAN PERTUMBUHAN SEMAI JATI (Tectona grandis Linn f) BERASAL DARI APB DAN JPP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KONSENTRASI_TETES_TEBU_SEBAGAI_PENYUSUNBOKASHI_TERHADAP_KEBERHASILAN_PERTUMBUHANSEMAI_JATI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mencari konsentrasi tetes tebu yang sesuai dalam komposisi bokashi, sehingga dapat memacu pertumbuhan semai yang berasal dari areal produksi benih (APB) atau yang berasal dari jati perhutani plus (JPP) secara optimal. Hipotesa penelitian adalah dengan pemberian tetes tebu diduga terjadi interaksi antara tetes dan bahan penyusun bokashi, diduga pemberian tetes tebu dan bokashi berpengaruh terhadap pertumbuhan semai, dengan peubah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, luas daun, panjang akar, bobot basah dan bobot kering. Alat yang digunakan adalah cangkul, ember, thermometer, oven, jangka sorong, penggaris, timbangan analitik, leaf area meter, alat tulis-menulis dan kamera. Bahan yang digunakan adalah semai jati yang berasal dari APB dan JPP, tetes tebu, pupuk kandang sapi, sekam padi, bekatul, EM-4 dan air. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor Pertama adalah tetes tebu (T) yang terdiri dari lima level yaitu T0 = 0 cc/50kg, T1 = 50 cc/50 kg, T2 = 50 cc/100 kg, T3 = 50 cc/50 kg, T4 = 200 cc/50 kg, faktor kedua adalah asal semai (A) yang terdiri dari dua level yaitu A1 = semai dari APB, A2 = semai dari JPP. Data yang diperoleh dianalisis ragam, apabila terdapat pengaruh yang nyata dilakukan uji lanjut jarak berganda Duncan p. 0,05 untuk mengetahui perbedaan percobaan yang satu dengan percobaan lain yang terbaik. Terjadi interaksi antara perlakuan konsentrasi larutan tetes tebu dan asal semai terhadap peubah tinggi semai dan diameter tunas semai jati (T. grandis Linn f). Kombinasi perlakuan terbaik ditunjukkan oleh perlakuan T4A1 dimana berpengaruh sangat nyata pada pengamatan umur 7, 21 dan 35 hst. Perlakuan konsentrasi larutan tetes tebu memberikan pengaruh terhadap peubah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, luas daun dan bobot kering. Perlakuan larutan tetes tebu terbaik adalah 50 cc tetes tebu/50 kg bokashi (T1) dimana berpengaruh terhadap peubah tinggi tanaman, diameter batang, luas daun dan bobot kering. Pada perlakuan asal semai tidak memberikan pengaruh terhadap berbagai macam peubah. Agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pemberian konsentrasi tetes tebu pada pembuatan bokashi terhadap keberhasilan pertumbuhan asal semai jati (T. grandis Linn f) dengan konsentrasi yang berbeda dan asal semai yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 02:37
Last Modified: 07 Jul 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item