PERENCANAAN JADWAL INDUK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROGRAM DINAMIS (Studi Kasus Pada PT. Kemajuan Industrindo Malang)

HASIMUNA, ARDHAN (2006) PERENCANAAN JADWAL INDUK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROGRAM DINAMIS (Studi Kasus Pada PT. Kemajuan Industrindo Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_JADWAL_INDUK_PRODUKSI_DENGANMENGGUNAKAN_METODE_PROGRAM_DINAMIS.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT. Kemajuan Industrindo merupakan perusahaan yang memproduksi mesin-mesin pertanian dan perkebunan yang produknya diantaranya berupa pompa tangan untuk air bawah tanah dan mesin pengolah kopi dalam berbagai jenis. Mengingat jenis produksinya yang bermacam-macam dimana biasa terjadi permintaan yang fluktuatif permintaan atau penjadwalan tiap bulan, maka diperlukan suatu metode yang digunakan untuk memprediksi fluktuatif tersebut pada periode mendatang. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka persoalan yang perlu diselesaikan adalah bagaimana membuat perencanaan produksi yang baik sehingga dapat dijadikan acuan oleh perusahaan untuk melakukan produksi guna memenuhi permintaan konsumen secara optimal dengan biaya minimal. Salah satu metode untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode program dinamis dalam perencanaan produksi. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan peramalan untuk menghitung volume produksi untuk satu horizon perencanaan dengan menggunakan program Minitab. Setelah itu dilakukan perencanaan agregat untuk seluruh produk dengan terlebih dahulu menentukan safety stock, menentukan total kebutuhan selama 6 periode perencanaan, dan dan juga dihitung jumlah tenaga kerja. Kemudian setelah itu dihitung kapasitas dari alternative produksi yang dimiliki perusahaan dengan metode program dinamis. Berdasarkan rencana agregat dilakukan proses disagret untuk mendapatkan jadwal induk produksi untuk tiap item produk. Setelah itu kita membandingkan biaya antara sebelum membuat jadwal induk produksi dengan menggunakan metode program dinamis dan sesudah membuat jadwal induk produksi dengan menggunakan program dinamis. Berdasarkan hasil perhitungan dalam pembuatan jadwal induk produksi dengan menggunakan metode program dinamis maka diperoleh penghematan (efisiensi) biaya sebesar : Rp. 76.929.500 atau sebesar 12.24 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 07 Jul 2012 02:19
Last Modified: 07 Jul 2012 02:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item