PENGARUH PROSEDUR ANALITIK SAAT PERENCANAAN AUDIT TERHADAP EFISIENSI PELAKSANAAN AUDIT(STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTANSI PUBLIK DI MALANG)

Werdiningsih, Retno Endah (2006) PENGARUH PROSEDUR ANALITIK SAAT PERENCANAAN AUDIT TERHADAP EFISIENSI PELAKSANAAN AUDIT(STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTANSI PUBLIK DI MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PROSEDUR_ANALITIK_SAAT_PERENCANAAN_AUDITTERHADAP_EFISIENSI_PELAKSANAAN_AUDIT.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatif yang bersifat survey pada Kantor Akuntasi Publik (KAP) di Malang dengan judul “Pengaruh Prosedur Analitik saat Perencanaan Audit terhadap Efisiensi pelaksanaan Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntansi Publik di Malang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar pengaruh dilaksanakannya prosedur analitik saat perencanaan audit terhadap efisiensi pelaksanaan audit: dan untuk menguji adanya perbedaan efisiensi palaksanaan audit antara editor yang melaksanakan prosedur analitik dan yang tidak melaksanakan prosedur analitik dan yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit, pada Kantor Akuntan Publik di Malang. Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: bahwa prosedur analitik saat perencanaan audit erpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi pelaksanaan audit: dan ada perbedaan efisiensi pelaksanaan audit antara editor yang melaksanakan prosedur analitik dan yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit. Analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t). untuk membuktikan hipotesis yang diajukan, dilakukan uji beda terhadap waktu pelaksanaan audit dan tenaga pelaksanaan audit antara editor yang melasanakan dengan editor yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit. Uji beda ini dilakukan pada audit tiap akuntansi laporan keuangan. Hasil uji t terhadap 38 responden menunjukka bahwa waktu dan tenaga audit tiap akuntansi laporan keuangan antara auditor yang melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit, tingkat signifikannya kurang dari 90 %. Hasil lain yaitu rata-rata waktu audit akuntansi laporan keuangan auditor yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan ayaudit lebih lama dari editor yang melaksanakannya. Sedangkan rata-rata tenaga audit antara editor yang melaksanakan dengan yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit, hanya tampak perbedaan pada audit terhadap akun persediaan. Dari hasil uji tersebut beda tersebut, disimpulkan bahwa ada perbedaan waktu dan tenaga audit antara auditor yang melaksanakan dengan yang tidak melaksanakan prosedur analitik saat perencanaan audit. Akan tetapi, perbedaan yang ada tidak cukup signifikan. Dengan demikian, hipotesis pertama ditolak dan hipotesis kedua diterima, bila dilihat dari waktu pelaksana auditnya, hipotesis kedua tidak dapat diterima. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa seharusnya ada pengaruh yang besar antara dilaksanakan atau tidaknya prosedur analitik saat perencanaan audit terhadap efisiensi pelaksanaan audit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jul 2012 07:46
Last Modified: 06 Jul 2012 07:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item