MAKNA IKLAN ROKOK DI TELEVISI (Analisis Semiotik Terhadap Iklan X mild Versi Duel Gitar)

Wicaksono, Arief (2006) MAKNA IKLAN ROKOK DI TELEVISI (Analisis Semiotik Terhadap Iklan X mild Versi Duel Gitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MAKNA_IKLAN_ROKOK_DI_TELEVISI.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Representasi produk dalam iklan televisi sudah sering terlihat terlalu ekplisit cara atau strategi penyampaiannya. Untuk membuat iklan televisi dengan format penyampaian berbeda, membutuhkan berbagai macam teknik-teknik audio visual sebagai tanda yang menghasilkan makna secara interpretatif dari penontonnya. Iklan Xmild versi “Duel Gitar” dapat dikatakan iklan yang mendistorsi realitas demi efek ideologis pemirsanya jika secara semiotik dianalisa. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan, apa makna iklan Xmild versi “Duel Gitar” ditinjau dari analisis semiotik, dengan tujuan untuk mengetahui makna dalam iklan tersebut. Bentuk audio dan visual merupakan bagian dari elemen tanda yang dapat dikonsepsikan menjadi suatu makna. Memakai teori semiotika Peirce (ikon, indeks dan simbol) serta makna denotatif dan konotatif, peneliti memetakan, mengkonsepsikan, menginterpretasikan makna laten dari tanda-tanda yang relevan dengan permasalahan. Semiotika ini merupakan analisis tanda sebagai sebuah kelompok atau kombinasi yang membentuk apa yang disebut teks keseluruhan atau makna. Pendekatan yang digunakan adalah theories of sign dan theories of interpretation dengan paradigma konstruktivis. Sedangkan Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini merupakan studi tentang penggambaran atau pendeskripsian yang mengarah pada subjektifitas peneliti, maksudnya, dengan pendekatan semacam ini dianggap tidak ada replikasi atau suatu bentuk yang sama persis hasil penelitian ini dengan hasil penelitian lain dengan objek ataupun subjek yang sama karena ini merupakan suatu dekripsi subjektif dari interpretasi peneliti dan realitas yang diteliti selalu terikat oleh konteks ruang dan waktu dinamis yang dapat berubah. Tanda dalam adegan sebagai data dibedakan sebagai ikon, indeks dan simbol lalu dianalisa secara denotatif dan konotatif melalui tabel analisis. Keseluruhan tanda dalam iklan ini mempunyai relevansi dengan produk rokok mild di Indonesia, khususnya Xmild. Dari identifikasi tiap tanda yang relevan, tiap ikon, indeks maupun simbol setiap adegan diketemukan bahwa PT Bentoel Tbk ingin mengkampanyekan produknya yaitu rokok Xmild sebagai yang sudah ada atau terkenal dalam persaingan mendapatkan pangsa pasar anak muda. Tanda-tanda yang direalisasikan sebagai makna dalam iklan ini membentuk suatu kesatuan logis sebagai representasi produk rokok Xmild. Kecenderungannya adalah menggugah sisi emotif penontonnya dengan visualisasi dan narasi yang relatif fenomenal. Melalui iklan ini kita bisa menambah pengetahuan dan perbendaharaan kita tentang kenyataan bahwa nilai-nilai sehari-hari, khususnya dalam bidang musik dapat dipergunakan secara sistematis sebagai penyampaian ideologi. Dengan penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi mengenai pemahaman akan struktur dan tipologi tanda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:46
Last Modified: 06 Jul 2012 06:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item