PERAN WANITA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Pada Pekerja Wanita di Rw 03 Kelurahan Madyopuro Kedung kandang Kota Malang)

HARTATI, TRI (2006) PERAN WANITA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Pada Pekerja Wanita di Rw 03 Kelurahan Madyopuro Kedung kandang Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERAN_WANITA_DALAM_PENINGKATANPENDAPATAN_RUMAH_TANGGA%28Pada_Pekerja_Wanita_di_Rw_03_Kelurahan_Madyopuro_Kedungkandang_Kota_Malang%29.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Peran Pekerja Wanita Dalam Peningkatan Pendapatan Keluaraga yang dilakukan di Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Malang. Latar belakang penelitian adalah mengenai fakta bahwa seorang wanita setelah menikah (berkeluarga) kebanyakan tidak hanya berdiam diri di rumah yang hanya bisa mengerjakan kebutuhan di dalam rumah saja akan tetapi mereka melakukan pekerjaan di luar rumah yang dapat menghasilkan pendapatan untuk membantu perekonomian keluarga. Berdasarkan penjelasan diatas permasalahan tersebut dapat di rumuskan sebagai berikut yaitu (1) Seberapa besar pendapatan yang di peroleh pekerja wanita di Kelurahan Madyopuro Kec. Kedungkandang Malang.(2) Seberapa besar sumbangan yang diberikan pekerja wanita di Kelurahan Madyopuro Kec. Kedungkandang Malang dalam mendukung pendapatan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) besarnya pendapatan yang diperoleh pekerja wanita di Kelurahan Madyopuro Kec. Kedungkandang Malang (2) besarnya sumbangan yang di berikan pekerja wanita di Kelurahan Madyopuro dalam mendukung pendapatan keluarga. Metode analisa yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif metode ini berusaha menggambarkan fenomena tentang keterlibatan wanita dalam pencarai nafkah serta berusaha menerangkan hubungab antara unsur yang mempengaruhi sehingga dapat menjelaskan makna data dan implikasi dari masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan mendasarkan pada teori yang ada serta diorganisasikan dengan memanfaatkan tabel (menabulasi) baik frekuensi maupun prosentase Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) besarnya pendapatan yang di peroleh pekerja wanita di Kelurahan Madyopuro setiap bulannya berkisar antara Rp 450 000 sampai dengan Rp 700 000 dengan rincian sebagai berikut (53,34%) berpendapatan Rp 600 000 sampai dengan Rp 650 000 dan yang berpendapatan paling kecil berjumlah (6,66%) yaitu Rp 450 000 perbulannya dan yang berpendapatan paling besar berjumlah (10%) yaitu Rp 700 000 perbulan . Selanjutnya system pengupahan umumnya dilakukkan setiap bulan sekali, (2) Sumbangan pekerja wanita untuk mendukung pendapatan keluarga yang diwujudkan dalam bentuk uang. Besarnya sumbangan pendapatan pekerja wanita terhadap keluarga bervariasi. Keragaman sumbangan pekerja wanita terhadap pendapatan keluarga sangat ditentukan oleh besarnya pendapatan suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga . Namun demikian, ternyata sumbangan wanita terhadap pendapatan keluarga sangat berarti bagi kemapanan perekonomian keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:47
Last Modified: 06 Jul 2012 06:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item