UPAYA POLRI DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PAEDOPHILIA YANG DILAKUKAN OLEH WARGA NEGARA ASING (Studi Penelitian di Polres Karangasem, Bali)

Wicaksono, Hendra (2006) UPAYA POLRI DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PAEDOPHILIA YANG DILAKUKAN OLEH WARGA NEGARA ASING (Studi Penelitian di Polres Karangasem, Bali). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_POLRI_DALAM_MENANGGULANGI_TINDAK_PIDANA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai upaya Polri dalam menanggulangi tindak pidana paedophilia yang dilakukan oleh Warga Negara Asing. Dimana kejahatan paedophilia ( kasus kejahatan seksual pada anak-anak dibawah umur) merupakan salah kasus yang cukup meresahkan masyarakat karena dinilai sangat membahayakan bagi kehidupan generasi muda penerus bangsa di masa yang akan datang mengingat pihak yang menjadi korban dalam kejahatan ini adalah anak-anak dibawah umur. Berbagai literatur, maupun penelitian terhadap para pelaku kejahatan paedophilia pada umumnya adalah orang asing yang datang dan tinggal di Bali, dimana melalui interaksi sosial dengan penduduk lokal mereka secara leluasa menjebak para korbanya melalui bertbagai trik-trik tertentu. Keresahan masyarakat terutama para orang tua cukup beralasan karena dampak yang ditimbulkan oleh terjadinya gangguan fisik dan mental yang cukup serius sangat berpengaruh pada perkembangan jiwa dan raga mereka secara permanen. Tujuan Penelitian ini, penulis ingin mengetahui sejauh mana keseriusan pihak Penyidik pada Satuan Reskrim di Polres Karangasem dalam mengungkap terjadinya kasus-kasus paedophilia yang dilakukan oleh Warga Negara Asing di wilayah hukum mereka. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini diantaranya adalah dengan metode wawancara, dokomentasi, dan observasi. Adapun metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Melalui penelitian yang mendalam ini penulis memperoleh hasil bahwa keberhasilan dalam penanganan kasus tersebut karenan adanya pola penugasan terpadu antar Satuan Fungsi terkait dengan mengedepankan Fungsi Reserse Kriminal Polres Karangasem didukung oleh Satuan Samapta sehingga memberikan peluang bagi Polri Polres karangasem untuk menangkap, menahan dan melakukan proses hulum terhadap pelaku Mencermati masalah tersebut, Polres Karangasem telah berupaya melakukan langkah-langkah penanganan terhadap pelaku paedophilia, dan ternyata pada tanggal 2 Januari 2004 berhasil mengungkap kasus paedophilia yang terjadi di pantai Jasari karangasem dengan pelaku asal Australia bernama Brown William Stuart Als. Toni, dan tersangka Toni telah divonis hukuman kurungan selama 13 tahun.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tindak pidana paedophilia yang dilakukan oleh Warga Negara Asing (WNA) dapat terjadi pada anak-anak dibawah umur dimana saja khususnya di Bali, namun penegakan hukum telah berjalan dengan baik dalam hal mana kegiatan kerja ini telah terbukti memberikan hasil yang cukup optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:04
Last Modified: 06 Jul 2012 06:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item