ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM DANA PENSIUN BERKALA DAN TABUNGAN HARI TUA PADA PT. TASPEN CABANG MALANG

Widianto, Candra (2006) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM DANA PENSIUN BERKALA DAN TABUNGAN HARI TUA PADA PT. TASPEN CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PENGENDALIAN_INTERNPROSEDUR_PEMBAYARAN_KLAIM_DANA_PENSIUN_BERKALADAN_TABUNGAN_HARI_TUA_PADA_PT.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Taspen (Persero) Cabang Malang dengan judul “Analisis Sistem Pengendalian Intern Prosedur Pembayaran Klaim Dana Pensiun Berkala dan Tabungan Hari Tua pada PT. Taspen (Persero) Cabang Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas dan sekaligus untuk memberikan pemecahan masalah atas sistem pengendalian intern prosedur pembayaran klaim dana pensiun berkala dan tabungan hari tua di PT. Taspen (Persero) Cabang Malang. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, dimana analisis dilakukan atas struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pembukuan, praktek kerja yang dilaksanakan, serta kualitas atau kecakapan pegawai. Tolok ukur yang digunakan untuk menentukan baik atau tidaknya pelaksanaan sistem dan prosedur pembayaran klaim dana pensiun berkala dan tabungan hari tua pada PT. Taspen (Persero) Cabang Malang, adalah dengan menganalisis dan membandingkannya dengan dasar teori yang ada dan pemikiran logis. Hasil analisis terhadap struktur organisasi pelaksanaannya telah berjalan baik. Namun masih terdapat kekurangan pada bagian kasir yang melaksanakan kedua fungsi kas dan fungsi akuntansi. Kemudian batas pelaporan pembayaran klaim kepada kantor pusat juga melebihi batas yang seharusnya. Sedangkan hasil analisis terhadap praktek kerja yang dilaksanakan, terdapat kekurangan dalam hal pembuatan formulir, yaitu tidak dicantumkannya nomor urut tercetak. Selain itu, analisis terhadap kualitas atau kecakapan pegawai menunjukkan bahwa kantor cabang tidak memiliki wewenang dalam hal perekrutan pegawai baru. Dari hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum PT. Taspen (Persero) Cabang Malang telah melaksanakan sistem dan prosedur pembayaran klaim dengan baik sesuai dengan tolok ukur yang digunakan. Namun kekurangan dalam pembuatan formulir, fungsi ganda pada bagian kasir, dan pelaporan pembayaran klaim yang lebih dari 1 hari, dapat menimbulkan celah yang memungkinkan terjadinya kecurangan dalam praktek kerjanya. Sedangkan dalam hal perekrutan pegawai baru, sepenuhnya merupakan tanggung jawab kantor pusat. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Taspen (Persero) Cabang Malang membuat formulir dengan nomor urut tercetak, memisahkan fungsi kas dengan fungsi akuntansi, memberi batasan pelaporan pembayaran klaim di hari yang sama, serta mengoptimalkan wewenang untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan terhadap pegawainya guna menciptakan pegawai dengan tingkat kecakapan dan kualitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:18
Last Modified: 06 Jul 2012 03:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item