MOTIVASI PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa UMM Pelaku Usaha Makanan dan Minuman Di Sekitar Landungsari)

HAKIM DARAJAT, ANWAR (2006) MOTIVASI PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa UMM Pelaku Usaha Makanan dan Minuman Di Sekitar Landungsari). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MOTIVASI_PERILAKU_KEWIRAUSAHAAN_MAHASISWA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Hakekat pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan bagi seluruh bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, kunci dalam pembangunan di negara Indonesia adalah meningkatkan sumberdaya manusia seutuhnya. Pembangunan nasional yang dilaksanakan merupakan serangkaian gerak menuju pada kemajuan. Kemajuan dan perubahan bukan hanya berupa aspek teknologi atau fisik, tetapi juga termasuk perubahan-perubahan sosial. Perubahan sosial ini menyangkut tata nilai sikap dan tingkah laku manusia. Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa Indonesia, memiliki tanggung jawab yang besar kemana arah dan tujuan bangsa indonesia ditentukan. Salah satu implementasi itu adalah perilaku mahasiswa pelaku usaha, hal ini menarik peneliti untuk menelitinya. Dan pada penelitian prilaku kewirausahaan mahasiswa ini penulis membuat judul “MOTIVASI PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (STUDI MAHASISWA UMM PELAKU USAHA MAKANAN DAN MINUMAN)” Masalah yang akan dikaji, dirumuskan dalam : (1) Apa latar belakang mahasiswa menjadi pelaku ekonomi(wirausaha) makanan dan minuman. (2) Bagaimana pola kehidupan mahasiswa pelaku ekonomi(wirausaha) makanan dan minuman. (3) Untuk mengidentifikasi kenadala dan tantangan yang di hadapi mahasiswa pelaku ekonomi(wirausaha) makanan dan minuman. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena diskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik “Purposive Sampling”. Sedangkan untuk memperoleh data yang digunakan teknik wawancara dan observasi. Kesimpulan dari Motivasi Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa (studi pada mahasiswa UMM pelaku usaha makanan dan minuman di sekitar Landungsari) karena adanya latar belakang tuntutan dari keluarga, karena sekedar iseng untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan di dalam kampus, dan juga keinginan berwirausaha karena semakin ketatnya persaingan dalam dunia pekerjaan, dimana seorang mahasiswa di tuntut untuk berusaha sendiri dan menciptakan peluang kerja baik itu dalam bidang formal maupun informal. Sedangkan dalam hal pola hidup mahasiswa wirausaha, kebanyakan dalam kesehariannya berangkat dari latar belakang keluarga mencerminkan kehidupan sehari-hari. Selain itu juga mengalami hambatan dan tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam hal akademis mereka mengalami hambatan yaitu dalam menempuh perkuliahan sangat lambat, dan juga menghadapi persaingan sesama pengusaha baik itu persaingan sehat maupun yang tudak sehat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:07
Last Modified: 06 Jul 2012 03:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item